Tahapan pembuatan iklan rokok star mild versi "obsesi sutradara" di televisi

P, Windi Karina (2007) Tahapan pembuatan iklan rokok star mild versi "obsesi sutradara" di televisi. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)

Abstract

ABSTRAKSI Windy Karina P (04300-076) Tahapan Pembuatan Iklan Rokok Star Mild versi “Obsesi Sutradara” di Televisi xv + 71 halaman ; 4 lampiran Bibliografi : 19 Acuan (1973 - 2003) Di dalam penerapan suatu promosi pada media khususnya pada media televisi, memerlukan keahlian yang berbeda dengan media lainnya. Perencanaan kreatif memiliki peran sangat besar dalam keberhasilan hasil kreatif iklan televisi, dan proses pembentukan iklan tersebut membutuhkan kekuatan audio visual yang memungkinkan iklan-iklan televisi tampil baik dan menarik. Untuk itu dalam membentuk iklan televisi memerlukan suatu proses perencanaan kreatif pembuatannya untuk dapat menarik, memenangkan perhatian dan membangkitkan minat khalayak penonton televisi. PT Bentoel selaku produsen jenis rokok kretek Star Mild melakukan kampanye secara strategis dengan membuat iklan televisi yang menggunakan beberapa versi dengan bekerjasama dengan McCann Erickson selaku biro iklannya. Dalam proses pembuatan iklan tersebut produsen dan biro iklan melakukan suatu perencanaan dalam menerapkan proses kreatif iklannya. Perumusan permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana tahapan pembuatan iklan rokok Star Mild versi ‘Obsesi Sutradara’ di Televisi? Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tahapan pembuatan iklan tersebut di televisi. Konsep yang digunakan mengacu pada konsep teori yang menjelaskan tahap-tahap dari perencanaan kreatif pembuatan suatu iklan yang dikeluarkan oleh Sandra E. Moriarty, serta tahap-tahap analisa SWOT yang dikemukakan oleh Geoffey Lancaster and David Jobber. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode studi kasus dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memperoleh data atau informasi dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa nara sumber, yaitu bagian kreatif dari pihak McCann Erickson selaku biro iklan dan dengan Brand Manager dari pihak produsen yakni rokok Star Mild. Hasil secara keseluruhan mengenai perencanaan kreatif pembuatan iklan Star Mild versi “Obsesi Sutradara” bahwa pembuat iklan mencoba menampilkan sesuatu yang unik dengan mengangkat tema keseharian yakni semangat anak muda untuk mengejar cita-citanya dan menggunakan pendekatan humor. Dari sesuatu yang unik tersebut disimpulkan bahwa pembuat iklan mencoba mengingatkan, menanamkan dan meyakinkan konsumen dengan menggunakan suatu tema-tema iklan tersebut serta untuk meningkatkan awareness, menciptakan image serta remainding dan sekaligus meningkatkan penjualan produk.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 007
Call Number: SK/07/196 KAR t
NIM/NIDN Creators: 04300-076
Uncontrolled Keywords: PEMBUATAN IKLAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Apr 2008 10:33
Last Modified: 05 Jun 2017 07:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30848

Actions (login required)

View Item View Item