Strategi komunikasi pemasaran produk kerajinan tangan PT. Adhi manunggal prana

W, Sawung yulian (2007) Strategi komunikasi pemasaran produk kerajinan tangan PT. Adhi manunggal prana. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)

Abstract

ABSTRAKSI Dengan datangnya era globalisasi diseluruh negara, maka menimbulkan persaingan usaha yang semakin tajam. Salah satunya persaingan dalam usaha ekspor kerajinan tangan asli Indonesia. Persaingan pada industri kerajinan tangan asli Indonesia telah mendorong PT. Adhi Manunggal Prana (PT. AMP) sebagai perusahaan yang bergerak dibidang kerajinan tangan terbesar di Indonesia untuk dapat bersaing dengan para pesaingnya. Adanaya persaingan tersebut membuat penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh, dengan pokok permasalahan bagaimana strategi komunikasi produk kerajinan tangan PT. AMP. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Kerajinan Tangan PT. Adhi Manunggal Prana. Konsep yang digunakan untuk membahas strategi komunikasi pemasaran mengacu pada konsep teori Chriss Fill dalam menyiapkan, membuat perencanaan pemasaran dan mengevaluasi strategi pemasaran diterangkan mengenai sistem komunikasi pemasaran yang terdiri dari key factor analysis (analisis faktor kunci), analisa SWOT (Strenght / Kekuatan, Weakness / Kelemahan, Opportunities / Kesempatan, dan Threats / Ancaman), dan STP (Strategy / Strategi, Targeting / Target, dan Positioning / Posisi). Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah menggunakan metode deskriptif analisis dan tipe penelitiannya deskriprif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam serta mengumpulkan data-data lain berupa data-data perusahaan yang diperoleh dari PT. AMP. Pada hasil penelitian diperoleh bahwa PT. AMP telah melakukan komunikasi pemasarannya yang akhirnya dapat dikenal oleh para konsumennya dan akhirnya dapat meningkatkan volume penjualan produknya. Sehingga dapat dibuktikan bahwa suatu keberhasilan dapat dicapai oleh PT. AMP melalui strategi komunikasi pemasaran yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, penjualan tatap muka dan publisitas. Maka dapat disimpulkan bahwa PT. AMP dalam usaha meningkatkan pengenalan produk dan volume penjualannya melalui strategi komunikasi yang telah dilakukan sudah cukup berhasil dilihat dari telah dikenalnya produk-produk PT. AMP oleh para konsumennya yang akhirnya berpengaruh pada meningkatnya volume penjualan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 047
Call Number: SK/07/198 YUL s
NIM/NIDN Creators: 04300-086
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI PEMASARAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Apr 2008 10:22
Last Modified: 05 Jun 2017 07:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30846

Actions (login required)

View Item View Item