Pengaruh pesan iklan layanan masyarakat terhadap sikap remaja akan bahaya makanan cepat saji

, Lely melina (2007) Pengaruh pesan iklan layanan masyarakat terhadap sikap remaja akan bahaya makanan cepat saji. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)

Abstract

ABSTRAKSI Pesan iklan adalah unsur penting dalam berkomunikasi. Karena iklan adalah media promosi yang mampu menjangkau khalayak secara luas serta memiliki tujuan untuk mempersuasi atau membujuk khalayak. Dalam pembuatan pesan iklan ada dua strategi pendekatan yaitu pendekatan rasional dan pendekatan emosional. Dan pesan iklan yang akan diteliti adalah pesan iklan non komersial yaitu pesan iklan yang bukan semata-mata untuk bisnis atau mencari keuntungan sepihak. Iklan non komersil sering disebut iklan layanan masyarakat. Dari pesan iklan layanan masyarakat akan bahaya makanan cepat saji, peneliti ingin mengetahui apakah dengan pendekatan iklan yang berbeda maka akan menghasilkan pengaruh yang berbeda. Penelitian ini mengacu pada model komunikasi massa yaitu model S-R (stimulus respon). Dalam model ini mengatakan bahwa setiap stimulus yang diberikan kepada khalayak akan memberikan efek komunikasi berupa respon. Serta teori tahapan perubahan sikap yang dikemukan Kurt Lewin yang menjelaskan bahwa seorang individu dalam rangka mengadopsi sebuah perilaku ada lima tahap respon yaitu praperenungan, perenungan, persiapan, tindakan dan pemeliharaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, tipe penelitian eksplanatif komparatif, Metode penelitian adalah pre eksperimental dengan jenis one shot case study dan pesan iklan dibuat sendiri oleh peneliti. Teknik pengambilan data dengan kuesioner dan penarikan sample dengan cluster sampling, yang menjadi sampel ada dua kelompok remaja SLTP kelas 3 sekolah ketapang yaitu kelas IX-II untuk pesan emosional dan kelas IX-III untuk pesan rasional. Hasil penelitian ini diuji validitasnya dengan menggunakan rumus uji perbedaan ( uji t ) dua sisi dengan signifikasi t tabel n ≤ 30 : ( α / 2 , n1+n2-2) dan nilai alpa (α = 5 %), Dan ho diterima apabila –t tabel ≤ thit ≥ t tabel. Hasilnya yaitu -2,021≤ 0,11 ≥ 2,021 yang artinya ho diterima sehingga kesimpulannya adalah bahwa pesan iklan dengan pendekatan rasional maupun emosional tidak memiliki perbedaan pengaruh dalam mengubah sikap remaja SLTP sekolah Ketapang

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 026
Call Number: SK/07/201 MEL p
NIM/NIDN Creators: 04303-032
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PESAN IKLAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Apr 2008 09:03
Last Modified: 05 Jun 2017 07:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30845

Actions (login required)

View Item View Item