Opini khalayak terhadap tayangan sinetron religius hidayah di Trans TV episode bulan april 2007(studi deskriptif terhadap pegawai kantor pusat PT.makro INDONESIA)

Setiyono, (2007) Opini khalayak terhadap tayangan sinetron religius hidayah di Trans TV episode bulan april 2007(studi deskriptif terhadap pegawai kantor pusat PT.makro INDONESIA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)

Abstract

ABSTRAKSI Majunya teknologi di bidang komunikasi membuat seseorang dan kelompok orang dapat mengirimkan pesan dalam waktu singkat dengan seseorang atau kelompok orang lain yaitu melalui media. Telah umum diketahui bahwa televisi memiliki pengaruh yang besar terhadap penontonnya. Dunia pertelevisian di Indonesia memiliki tren-tren dalam tayangannya. Saat ini stasiun televisi swasta mengusung tren program tayangan religius. Sinetron-sinetron yang mengusung tren religius tersebut ditayangkan pada jam-jam prime time karena memang cukup dinikmati oleh masyarakat pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana opini pegawai kantor pusat PT Makro Indonesia terhadap tayangan sinetron religius Hidayah di Trans TV episode Bulan April 2007. Dalam kerangka pemikiran, penulis membahas mengenai pengertian, ciriciri, fungsi dan efek komunikasi massa. Pemaparan mengenai media massa meliputi peran media massa dalam kehidupan manusia dan masyarakat. Media televisi menjelaskan tentang televisi sebagai media massa, model Comstock, dan pengaruh televisi. Dalam karakter televisi dijelaskan mengenai sifat fisik media televisi. Tayangan sinetron memaparkan pengertian sinetron, struktur skenario, karakter pemain, dan faktor kegemaran terhadap sinetron. Kerangka pemikiran tentang opini meliputi pengertian, unsur dan refleksi organisasi opini. Penulis juga memaparkan tentang pengertian khalayak secara umum dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Populasi khalayak yang dipilih dalam penelitian ini adalah pegawai kantor pusat PT Makro Indonesia yang terdiri dari 10 divisi dengan jumlah pegawai sebanyak 98. Sifat heterogen tersebut mempermudah penulis untuk mendapatkan keragaman opini dari populasi yang ada. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu total sampling dan diambil secara purposive sampling. Penulis mengajukan 24 pernyataan berkenaan dengan tema cerita, jalan cerita, penokohan/ karakter, dan isi pesan Sinetron Hidayah di Trans TV kepada 69 sampel yang ada. Sisanya menolak untuk menjadi responden karena belum atau bahkan tidak pernah menonton tayangan tersebut. Dari analisa data tabel akumulasi diketahui bahwa sebagian besar responden menyatakan setuju terhadap setiap pernyataan yang diajukan dalam kuesioner dengan persentase sebesar 72.9%. Hal ini menunjukkan bahwa opini pegawai kantor pusat PT Makro Indonesia terhadap tayangan sinetron religius Hidayah di Trans TV cenderung positif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 07 005
Call Number: SK/07/173 SET o
NIM/NIDN Creators: 44105110028
Uncontrolled Keywords: OPINI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Apr 2008 10:33
Last Modified: 04 Jun 2017 05:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30837

Actions (login required)

View Item View Item