Strategi kreatif iklan deterjen Daia versi juara sejati di TV 2005-2006

nugroho, Helky (2007) Strategi kreatif iklan deterjen Daia versi juara sejati di TV 2005-2006. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)

Abstract

ABSTRAKSI Helky Nugroho 04302-016 Strategi Kreatif Iklan Deterjen Daia Versi “Juara Sejati” di Televisi Xvi + 64 hal + 6 lampiran + 5 gambar Bibliografi 16 Buku ( 1989 s/d 2004 ) + 1 Media Massa + 1 Majalah + 1 Website Kemajuan suatu iklan dengan peningkatan dan kreatifitas iklan merupakan tujuan penting yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan, situasi persaingan yang semakin tajam diantara produk sejenis. Untuk itulah diperlukan suatu strategi kreatif jitu yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan tersebut. Sehingga periklanan yang efektif juga akan mengubah pengetahuan publik mengenai ketersediaan dan karakteristik sebuah produk, dan akhirnya elastisitas permintaan produk akan sangat dipengaruhi oleh aktifitas periklanan. Salah satu strategi yang ada adalah melakukan strategi kreatif periklanan, karena dengan strategi ini dapat dikemas sedemikian rupa kedalam bentuk periklanan, pesan, daya tarik, yang dapat menarik perhatian konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kreatif iklan deterjen Daia versi “Juara Sejati” ditelevisi. Kerangka pemikiran yang digunakan pada penelitian ini mengacu kepada beberapa pendekatan yang diantaranya yaitu ; USP (unique selling proposition), brand image, karakteristik produk, positioning, yang disampaikan melaui iklannya ditelevisi. Selain itu digunakan pula konsep dari daya tarik pesan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif dan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara wawancara langsung dan melalui email serta menggunakan data-data yang diperoleh dari PT. Bintang Pratama Communication. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kreatif yang dilakukan oleh Bintang Pratama selaku pembuat iklan deterjen Daia versi “Juara Sejati” adalah berawal dari ide dasar mengenai keadaan produk yang telah memperoleh predikat Superbrand, penilaian akan kualitas yang sejati, selain itu beberapa pendekatan yang dilakukan diantaranya yaitu ; pendekatan USP, Brand Image, Karakteristik produk, positioning, serta menggunakan daya tarik kombinasi antara rasional dan emosional. Penggabungan konsep animasi dengan real shoot akhirnya menjadi suatu kesatuan yang menarik dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 031
Call Number: SK/07/169 NUG s
NIM: 04302-016
Uncontrolled Keywords: IKLAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Apr 2008 10:05
Last Modified: 05 Jun 2017 07:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30834

Actions (login required)

View Item View Item