Irawan, Ade Tomy (2007) Minat baca khalayak terhadap majalah MnS (studi diskriptif pd pedagang hp di pasar puri agung cengkareng jak-bar). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Perkembangan teknologi komunikasi akhir-akhir ini mengalami kemajuan yang sangat pesat sekali, terutama teknologi informasi dimana seluler termasuk bagian didalamnya. Minat khalayak (pedagang handphone di Pusat Niaga Puri Agung Jakarta Barat) terhadap dunia seluler memungkinkan akan adanya kebutuhan akan suatu bacaan. Menyikapi semakin pesatnya kemajuan teknologi Multi Media dan sangat tingginya minat masyarakat pada teknologi seluler, Majalah MnS yang unsur pemberitaannya mengenai telepon seluler melihat bahwa media massa dapat dijadikan sarana sosialisasi terhadap makin maraknya ponsel dengan tipe dan teknologi terkini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca khalayak (pedagang handpone di Pusat Niaga Puri Agung Cengkareng Jakarta Barat) terhadap majalah MnS. Minat baca dalam penelitian ini berkaitan dengan penilaian khalayak terhadap media massa cetak, dalam hal ini adalah majalah MnS. Minat baca akan tercipta oleh adanya motivasi yang terbentuk melalui pengetahuan, latar belakang/dorongan dan kebutuhan khalayak oleh media massa yang bersangkutan. Populasi penelitian ini adalah pedagang dan pemilik toko/kios handphone di Pusat Niaga Puri Agung Cengkareng, Jakarta Barat. Jumlah sampel sebanyak 200 orang, diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Tipe penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode survey. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat baca khalayak terhadap majalah MnS adalah tinggi. Karena sebanyak 76 responden atau 38 % dari total responden yang berjumlah 200 orang menjawab dengan nilai 80 – 61. Nilai tersebut mengindikasikan bahwa minat baca khalayak terhadap majalah MnS adalah tinggi. Selebihnya, responden yang menjawab dengan nilai 100 – 81 berjumlah 58 orang atau 29 % dengan indikasi sangat tinggi, responden yang menjawab dengan nilai 60 – 41 berjumlah 47 orang atau 23,5 % dengan indikasi biasa saja, dan responden yang menjawab dengan nilai 40 – 21 berjumlah 19 orang atau 9,5 % dengan indikasi rendah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/JR. 07 036 |
Call Number: | SK/07/143 TOM m |
NIM/NIDN Creators: | 04100-002 |
Uncontrolled Keywords: | MINAT BACA |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 07 Apr 2008 15:24 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 05:00 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30830 |
Actions (login required)
View Item |