Representasi nilai-nilai keislaman dalam iklan televisi corporate "Selamat Idul Fitri 1427 H"

Shodiq, Yuyun Aiemaman (2007) Representasi nilai-nilai keislaman dalam iklan televisi corporate "Selamat Idul Fitri 1427 H". S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI Momentum lebaran menjadi saat yang sangat istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Bagi marketer ataupun insan periklanan, momen lebaran menjadi saat di mana mereka harus melakukan serangkaian kampanye periklanan demi menarik simpati masyarakat secara luas. Strategi pemasaran melalui momentum spiritual semacam ini diyakini akan efektif untuk menaikkan penjualan dan sekaligus untuk membentuk dan memperkuat citra perusahan/produk di mata masyarakat. Penggunaan iklan televisi sebagai medium pembentukan citra perusahaan/produk tidak terlepas dari adanya proses representasi yang pada akhirnya mengemas tayangan tersebut dengan menonjolkan imaji-imaji sehingga produk yang ditawarkan menjadi terselimuti oleh kuatnya pencitraan produk. Dalam penelitian ini mengangkat fenomena kampanye tematik melalui iklan televisi corporate dari PT. Gudang Garam dan PT. Indofood yang memanfaatkan momentum spiritual - Idul Fitri sebagai sarana untuk pemupukan citra perusahaan, penyebarluasan ideologi ataupun proses transmisi nilai-nilai kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna yang terbentuk dari tanda-tanda yang digunakan dalam iklan televisi corporate ”Selamat Idul Fitri 1427 H” serta membongkar ideologi yang terdapat di dalamnya. Untuk itu maka digunakanlah pendekatan studi semiotika. Metode yang digunakan sebagai pendekatan dalam menganalisis data adalah analisis semiotik/semiologi— signifikasi Roland Barthes, yakni pemaknaan tanda melalui dua tahapan, di mana tanda yang terdiri atas penanda (signifier) dan petanda (signified) pada tahap pertama menjadi penanda pada tahap kedua yang mempunyai penanda lain (mengalami perluasan makna/konotasi). Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa kedua iklan televisi corporate dari PT. Gudang Garam dan PT. Indofood mengemban ideologi Islam yang dipresentasikan melalui tanda-tanda iklan yang ada dalam iklan tematik ”Selamat Idul Fitri” tersebut. Sehingga dengan demikian citra kedua perusahaan itu akan terbentuk secara positif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 001
Call Number: SK/07/144 AIE r
NIM/NIDN Creators: 04303-107
Uncontrolled Keywords: NILAI KEISLAMAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Apr 2008 15:18
Last Modified: 05 Jun 2017 07:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30828

Actions (login required)

View Item View Item