Firmansyah, Budi (2007) Kecenderungan penerapan strategi kreatif iklan properti perumahan di harian kompas edisi bulan januari 2006. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi Program Studi Periklanan BUDI FIRMANSYAH (04300-012) KECENDERUNGAN PENERAPAN STRATEGI KREATIF IKLAN PROPERTI PERUMAHAN DI HARIAN KOMPAS EDISI BULAN JANUARI 2006 V + 80 hal, 2 lampiran Rumah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia, menilai perkembangan subsektor perumahan yang akan cukup pesat tahun ini karena rumah merupakan kebutuhan utama. Rumah yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah perumahan model cluster, karena terkait dengan kebutuhan rasa aman sebab tingkat kriminalitas, khususnya dikota besar yang kini semakin meningkat. Penelitian ini menganalisa kecenderungan penerapan strategi kreatif menurut teori Terence A. Shimp dengan tujuan penelitian untuk mengetahui deskripsi tentang kecenderungan penerapan startegi kreatif iklan properti perumahan pada harian Kompas periode bulan Januari 2006 dengan melihat kategori-kategori tertentu yang terdapat pada iklan tersebut. Sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode analisis isi berdasarkan elemen copywriting dan elemen visual serta daya tarik pesan. Populasi pada penelitian ini adalah iklan properti perumahan, sedangkan tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sample. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa iklan properti perumahan periode bulan Januari 2006, pada kategori headline menggunakan news headline, subheadline menggunakan subheadline, bodycopy menggunakan picture and caption copy, flash menggunakan flash, baseline menggunakan baseline, pada elemen visual menggunakan show the product dan show the product ready for use, tehnik ilustrasi menggunakan photography, warna iklan menggunakan iklan berwarna, warna dominan dan warna tema menggunakan warna hijau, daya tarik pesan menggunakan rasional dan typografi menggunakan oldstyle serif dan modern serif. Kesimpulannya adalah bahwa adanya kecenderungan iklan properti perumahan di harian Kompas edisi bulan Januari 2006, dengan headline menggunakan news headline, subheadline menggunakan subheadline, bodycopy menggunakan picture and caption copy, baseline menggunakan baseline, ilustrasi menggunakan show the product dan show the product ready for use, tehnik ilustrasi menggunakan photography, warna menggunakan berwarna, daya tarik pesan menggunakan rasional dan typografi menggunakan oldstyle serif dan modern serif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/IKL. 07 016 |
Call Number: | SK/07/147 FIR k |
NIM/NIDN Creators: | 04300-012 |
Uncontrolled Keywords: | PENERAPAN STRATEGI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 07 Apr 2008 14:47 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 07:20 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30823 |
Actions (login required)
View Item |