Nurbaiti, Nita (2007) Strategi komunikasi pemasaran program gamezone (Periode 2005-2006). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Program acara yang bersifat hiburan sangat banyak diminati oleh audiens, khususnya program acara kuis. Salah satu program kuis yaitu kuis GameZone yang dibuat oleh PT Integrated Broadcast Solution. GameZone merupakan sebuah produk jasa yang sifatnya menghibur yang dikemas secara kreatif Tim kreatif berusaha memberitahukan bahwa suatu kesalahan komunikasi bukan hanya merugikan ataupun menguntungkan melainkan bisa dijadikan alternatif untuk hiburan, ditayangkan di TPI pada jam 18.00 s/d 19.00 WIB. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran program acara GameZone, yang merupakan produk jasa. Tujuan peneliatian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran program acara GameZone. Strategi komunikasi pemasaran yang dimaksud pada penelitian ini adalah proses pemasaran yang dilakukan oleh Marketing Public Relation PT IBS terhadap program acara GameZone agar program ini dapat diketahui oleh audiens dan menjadi tontonan favorit, menggunakan 4 element pemasaran yaitu; periklanan, promosi penjualan, publisitas dan personal selling. Dan menggunakan dua dasar penentuan strategi pemasaraan yaitu analisa SWOT dan Analisa STP. Sifat penelitian ini adalah deskriftif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan melakukan wawancara dengan Bapak Paul K. Nontasak selaku Managing Director dan Novitaasri selaku Marketing Public Relation PT IBS dengan menggunakan metode pengumpulan data. GameZone merupakan program kuis yang unik dan kreatif, kuis ini merupakan kuis yang diperuntukan bagi keluarga. MPR IBS melakukan pengiklanan pada beberapa media, baik cetak maupun elektronik, iklan yang diberikan oleh MPR dalam bentuk Ad-libs untuk iklan radio, synopsis untuk majalah dan tabloid, pada televisi mengirimkan betacarn yang berisi iklan 30 detik. Promosi penjulan yang dilakuakn adalah promosi konsumen. Publisitas yang dilakukan dengan menyebarkan berita komersial program GameZone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Marketing Public Relation PT IBS melakukan beberapa strategi komunikasi pemasaran untuk GameZone, baik dari periklanannya, promosi penjualannya, publisitasnya dan personal selling Jadi dapat disimpulkan bahwa program acara GameZone dapat diterima oleh audiens dan dapat diperkenalkan kepada seluruh audiens dan program GameZone menjadi program terfavorit versi penonton Televisi Pendidikan Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/IKL. 07 010 |
Call Number: | SK/07/150 NUR s |
NIM/NIDN Creators: | 04301-062 |
Uncontrolled Keywords: | JOMUNIKASI PEMASARAN |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 07 Apr 2008 14:16 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 07:20 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30820 |
Actions (login required)
View Item |