Wasesa, Yudha (2007) Aktivitas customer relations management PT. Telkom,tbk divre II Jakarta. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (991kB) |
Abstract
ABSTRAKSI YUDHA WASESA (04201-123) AKTIVITAS CUSTOMER RELATIONS MANAJEMEN PT.TELKOM DIVRE II JAKARTA Xi + 113 + 44 Lampiran, Bibliografi : 17 buku (1984-2004) Customer Relations Manajemen merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Public Relations yang melalui Customer Care dan Divisi Marketing perusahaan untuk pengelolaan pelanggan serta membina hubungan baik dengan pelanggan. Dalam mencapai keinginan dan harapan pelanggan terhadap produk/jasa yang disampaikan perusahaan kepada konsumen Oleh karena itu Public Relations dan Divisi Marketing Telkom Devisi Regional II Jakarta dalam melakukan kerjasama untuk menjalankan Aktivitas Customer Relations Manajemen dalam mengelolaan pelanggannya. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas customer relations manajemen Telkom Divre II Jakarta mengelola pelanggannya. Dalam melakukan Aktivitas CRM, PR dan Divisi Marketing lebih memfokuskan pengelolaan pelanggan kepada pelanggan lama yang merupakan aset terpenting bagi Perusahaan, disini PR dan Divisi Marketing dalam menjalankan Aktivitas CRM dengan menggunakan system IDIC yaitu Identify, Diffrentiated, Interac, Customice. Yang tujuannya yaitu untuk memberi dan menerima Informasi yang dibutuhkan perusahaan dengan cara getring, adbod call, dan yang lainnya. Konsep penelitian yang digunakan mengacu pada konsep IDIC yaitu salah satu konsep yang digunakan dalam menjalankan Customer Relations Manajemen yang dikemukan oleh Peppers and Rogers mengenai pengimplementasiaan CRM. Penelitian ini dilakukan dengan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah metode kwalitatif dengan mencari data melalui wawancara dengan key informan serta mencari data sekunder yaitu dari data-data yang ada pada perusahaan seperti company profile dan data-data pendukung lainnya Hasil penelitian menunjukan bahwa Aktivitas Customer Relations Manajemen yang di lakukan oleh Telkom Divisi Regional II Jakarta merupakan tanggung jawab dari semua elemen perusahaan. Bagian Public Relations Telkom Divisi Regional II Jakarta hanya bersifat sebagai penujang program kerja yang telah ditentukan dan untuk menciptakan image perusahaan dimata para pelanggannya. Dalam Pengelolaan Pelanggan dengan memakai strategi IDIC yaitu Identifi, Diffrentiate, Interact, and Customize ini dimana masingmasing system tersebut sebagai bentuk pencapaian Aktivitas CRM, yang bertujuan untuk mengelola pelanggan dengan cara pelayanan dan Informasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 07 006 |
Call Number: | SK/07/254 WAS a |
NIM/NIDN Creators: | 04201-123 |
Uncontrolled Keywords: | CUSTOMER RELATIONS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 10 Apr 2008 13:19 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 07:13 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30616 |
Actions (login required)
View Item |