Anggreini, Dian (2007) Strategi komunikasi pemesanan radio Trax 101.4 Fm dalam mencari klien pemasang iklan. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (981kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Dewasa ini persaingan antar media radio semakin ketat dikarenakan jumlahnya yang semakin bertambah. Bagi radio swasta, iklan merupakan masukan utama dalam menjalankan aktifitas sebagai media massa yang professional dan mencari keuntungan, maka dari itu media radio harus mempunyai strategi komunikasi pemasaran dalam mendapatkan klien pemasang iklan. Penulis memilih radio Trax 101,4 FM sebagai objek penelitian karena minat dan ketertarikan penulis terhadap strategi komunikasi pemasaran radio Trax 101,4 FM karena memiliki rating pertama dibandingkan kompetitornya dari segi jumlah pendengar yaitu sebanyak 321 orang untuk radio swasta dengan segmentasi usia 15-25 tahun SES A,B pada tahun 2005 wave 4. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan radio Trax 101,4 FM untuk mendapatkan klien dalam memasang iklan, tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran radio Trax 101,4 FM. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran dari Terence A. Shimp (Lima jenis alat promosi yang disebut bauran promosi terbagi menjadi Periklanan (Advertising), Penjualan Tatap Muka (Personal Selling), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Hubungan Masyarakat (Public Relation), serta Pemasaran Langsung (Direct Marketing)). Sifat penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, tehnik pengumpulan data dengan indepth interview. Hasil penelitian yang didapat adalah strategi yang dilakukan oleh radio Trax 101,4 FM yaitu Radio Trax FM banyak melakukan pendekatan-pendekatan secara langsung dan personal kepada advertising agency maupun perusahaan-perusahaan yang ingin memasang iklan untuk produknya, radio Trax FM memberikan client service yang terbaik, radio Trax FM juga memberikan potongan harga dalam pemasangan iklan khusus bagi pelanggan agar klien-klien pemasang iklan lebih memilih untuk beriklan di radio Trax FM dibanding dengan radio-radio pesaing lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/IKL. 07 056 |
Call Number: | SK/07/115 ANG s |
NIM/NIDN Creators: | 04302-010 |
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI KOMUNIKASI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 11 Feb 2008 11:42 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 05:32 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30591 |
Actions (login required)
View Item |