Analisis pembandingan model pembelajaran berbasis internet

darmawan, Rudy (2007) Analisis pembandingan model pembelajaran berbasis internet. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini membahas desain perencanaan metode pelatihan individual yang berbasis internet dengan mengakomodasi karakteristik individu. Karakteristik individu yang dimaksud dalam hal ini adalah karakteristik gaya belajar menurut teori belajar yang dikemukakan oleh David A. Kolb (1976). Selama ini metode pembelajaran cenderung berorientasi kepada materi yang akan dipelajari, hal ini kurang sesuai untuk pembelajaran berbasis internet secara individu karena tidak adanya perbedaan perlakuan terhadap karakteristik individu. Dengan adanya kebutuhan dalam sistem pembelajaran berbasis internet yang berorientasi kepada peserta, diharapkan peserta lebih merasa nyaman dan mudah dalam melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan karena belum tersedianya model pembelajaran berbasis internet yang dirasa ideal, sehingga perlu dipelajari kelebihan dan kekurangan dari setiap model yang ada, untuk kemudian dikembangkan sebuah model baru yang lebih baik dari model terbaik yang ada. Adapun teori belajar Kolb mengemukakan bahwa terdapat empat tahap dalam satu siklus belajar, Perbedaan dari siklus belajar hanyalah menentukan titik skenario dimulainya pembelajaran saja. Sehingga skenario yang dijalani seorang peserta pelatihan bergantung pada karakteristik gaya belajarnya. Proses belajar yang dialami peserta didalam sistem pembelajaran ini dirancang sesuai dengan proses belajar yang paling baik dengan memasukan media yang sesuai dengan karakteristik gaya belajar untuk proses pembelajaran peserta tersebut, Hasil penelitian ini berupa analisis pembandingan terhadap model-model pembelajaran berbasis internet yang ada, yang kemudian dipilih yang lebih mendekati sempurna untuk dilakukan pengembangan guna pencapaian tujuan dari pelatihan tersebut. Adapun pengembangannya itu sendiri adalah dengan memasukannya media yang sesuai dengan karakteristik pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 07 019
Call Number: STI/07/249 DAR m
NIM/NIDN Creators: 4160412-023
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 30 Jan 2008 12:05
Last Modified: 04 Jun 2017 05:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30557

Actions (login required)

View Item View Item