Analisis penerapan dan implikasi asas cabotage di industri pelayanan dalam negeri di kaitkan dengan penerapan objektif strategi untuk pasar industri energi

Riknaldi, (2007) Analisis penerapan dan implikasi asas cabotage di industri pelayanan dalam negeri di kaitkan dengan penerapan objektif strategi untuk pasar industri energi. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)

Abstract

Berdasarkan perbandingan luas lautan dan luas daratan NKRI serta dengan ditetapkannya ratifikasi United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS, 1982) dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1985, maka Indonesia ditetapkan sebagai Negara Kepulauan (Archipelagic State) / Nusantara terbesar di dunia. Fungsi laut / maritim yang sangat penting diatas, memberikan peranan penting bagi pengembangan industri maritim sebagai sumber daya yang harus digerakkan secara optimal bagi kepentingan bangsa dan seluruh masyarakat Indonesia. Termasuk disini adalah industri pelayaran. Dukungan pemerintah melalui Inpres No. 5 Tahun 2005, dengan penerapan asas Cabotage berimplikasi pada persaingan di pasar industri pelayaran dalam negeri serta penetapan kebijakan perusahaan dalam penerapannya. Tingginya peluang pasar dan tingkat kebutuhan kapal terutama untuk penunjang kegiatan industri energi dalam negeri, turut meningkatnya persaingan antar pesaing untuk menjadi terdepan. Melalui penelitian di PT “X” sebagai data sampel dilakukan analisa potensi perusahaan dalam mengambil peluang pasar melalui data makro pelayaran di kawasan Asia Tenggara dan dalam negeri khususnya untuk pasar industri energi. Analisa lebih dalam dilakukan dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu model Five Forces Porter untuk menilai persaingan yang berkembang serta dengan pendekatan analisis SWOT untuk menilai potensi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada PT ”X”. Selanjutnya dilakukan analisa terhadap objektif strategis yang ditetapkan oleh manajemen perusahaan sebagai bagian dari manajemen strategis di tingkat korporasi untuk mencapai tujuan dan visi yang telah ditetapkan. Melalui penelitian ini ditemukan sejumlah hambatan dan kekurangan yang perlu disempurnakan menyangkut objektif strategis yang disusun oleh manajemen PT ”X” dalam keterkaitannya merebut peluang pasar yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 07 061
Call Number: STI/07/190 RIK a
NIM/NIDN Creators: 41605120020
Uncontrolled Keywords: INDUSTRI PELAYANAN
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Jan 2008 14:36
Last Modified: 04 Jun 2017 05:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30503

Actions (login required)

View Item View Item