Strategi komunikasi humas PT. FAST FOOD Indonesia tbk (KFC) dalam menghadapi kasus flu burung

Indriani, Ira (2007) Strategi komunikasi humas PT. FAST FOOD Indonesia tbk (KFC) dalam menghadapi kasus flu burung. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian kualitatif dengan judul Strategi Komunikasi Humas PT. Fastfood Indonesia, Tbk. (KFC) dalam Menghadapi Kasus Flu Burung ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh Humas PT. Fastfood Indonesia, Tbk. (KFC) dalam menangani kasus flu burung yang telah berdampak signifikan di bidang usaha yang core business-nya adalah daging ayam. KFC sebagai restoran fastfood berbahan dasar ayam ini pun terkena imbasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KFC dalam melaksanakan strategi komunikasi melalui penerapan strategi manajemen dengan melakukan analisa S.W.O.T untuk merumuskan tujuan dan sasaran kegiatan. Kemudian humas memuat perencanaan strategi yang disusul dengan rencana aplikasi bisnis yaitu program dan bentuk-bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan perusahaan dalam menangani kasus flu burung. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan kemudian di evaluasi dan terus dikontrol untuk memperoleh feedback yang diharapkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Bentuk dan program yang dijalankan KFC menggunakan teknik komunikasi melalui pendekatan informatif dan persuasif. Edukasi melalui giant poster berisi tentang standarisasi keamanan memasak ayam goreng KFC yang dipasang di seluruh gerai KFC serta kampanye makan ayam massal yang bekerjasama dengan instansi pemerintah, asosiasi peternak unggas, dan pers di beberapa wilayah rawan flu burung merupakan aktivitas utama Humas KFC dalam meng-counter isu flu burung yang kian merebak. Isu flu burung tidak berpengaruh signifikan bagi KFC. Ketika ditemukan kasus meninggal pertama akibat flu burung di wilayah Tangerang, omzet penjualan pada gerai KFC Ramayana Cimone Tangerang sempat menurun sampai 30% dan hanya 15% pada gerai-gerai KFC lainnya. Tetapi selang seminggu setelah kejadian tersebut, omzet penjualan KFC secara nasional menjadi normal kembali. Konsumen tetap ramai mengunjungi gerai-gerai KFC dan tetap menghabiskan 70-100 ekor ayam potong per harinya di setiap gerai KFC.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 032
Call Number: SK/07/081 IND s
NIM/NIDN Creators: 4420411-024
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Dec 2007 14:38
Last Modified: 04 Jun 2017 05:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30437

Actions (login required)

View Item View Item