Pemanfaatan slogan REAL LIFE dalam memperkuat positioning radio INDIKA 91.60 FM

Febriana, Hestiningsih (2007) Pemanfaatan slogan REAL LIFE dalam memperkuat positioning radio INDIKA 91.60 FM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hestiningsih Febriana (4430411-028) PEMANFAATAN SLOGAN REAL LIFE DALAM MEMPERKUAT POSITIONING RADIO INDIKA 91.60 FM vii hal + 85 halaman; Lampiran Bibliography 24 Acuan (Tahun 1986 s/d 2007) Dunia penyiaran di Indonesia khususnya Radio telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan sehingga persainganpun menjadi sangat ketat. Hal inilah yang membuat para pengelola Radio mulai mengkategorikan pendengarnya secara khusus sehingga tercipta target market yang dituju. Selain pengelola juga harus dapat memposisikan Radio yang dikelolanya untuk membedakan dengan pesaing. Positioning dibuat dengan maksud untuk menancapkan persepsi Radio dibenak pasar pendengar maupun pengiklan. Agar positioning semakin kuat menancap dibenak konsumen, maka positioning harus diungkapkan dalam sebuah slogan, seperti Radio Indika FM yang telah memposisikan diri sebagai Radio Clubbing, dan menciptakan slogan Real Life untuk memperkuat positioning tersebut. Slogan yang dibuat oleh untuk memperkuat positioning haruslah memenuhi persyaratan-persyaratan yang ada mengenai sebuah slogan. Slogan yang baik harus berbasis positioning dan tida keluar dari konteks positioning. Timothy R.V. Foster memberikan sarat-sarat sebuah slogan yang baik yakni should be memorable, differentiate the brand, include key benefit, impart positive feeling for the brand, be campaignable, be competitive, be strategic, be original, dan be simple. Adapun tipe penelitian adalah deskriptif dengan metode yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kasus yang dilakukan dengan depth interviewing ke beberapa nara sumber yang berkompeten untuk memberikan penjelasan secara mendetil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan slogan Real Life telah melalui proses yang cukup panjang. Setelah memilih segmentasi, dan pendengar yang dituju, pengelola Radio Indika FM kemudian memposisikan Radio Indika FM sebagai Radio Clubbing. Radio Clubbing kemudian diperkuat dengan sebuah pernyataan positioning atau slogan berbunyi Real Life. Slogan Real Life kemudian dikomunikasikan oleh pengelola Radio Indika FM ke segala aspek program, sebagai station call, dikomunikasikan melalui print-ad di berbagai media,dan dalam kegiatan off air Club Hoppers. Seiring waktu berjalan diakui pengelola bahwa slogan Real Life dapat memperkuat positioning Radio Indika FM sebagai Radio Clubbing. Terbukti masuknya pengiklan-pengiklan yang menggunakan area clubbing sebagai salah tools promosi produk yang mereka punya, seperti Heineken.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 063
Call Number: SK/07/ 080 FEB p
NIM/NIDN Creators: 4430411-028
Uncontrolled Keywords: PEMANFAATAN SLOGAN REAL LIFE
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Dec 2007 14:35
Last Modified: 04 Jun 2017 05:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30436

Actions (login required)

View Item View Item