Tingkat kepuasan wartawan terhadap pelayanan informasi website departement luar negeri

Yulinda, (2007) Tingkat kepuasan wartawan terhadap pelayanan informasi website departement luar negeri. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini memfokuskan pada upaya yang dilakukan oleh Departemen Luar Negeri Republik Indonesia (Deplu) dalam memberikan pelayanan informasi bagi wartawan melalui website dengan alamat www.deplu.go.id. Website merupakan hubungan berbagai computer di seluruh dunia yang mempunyai berbagai koleksi dokumen-dokumen yang tersimpan di internet dokumen dan file yang mana dapat saling bertukar melalui penggunaan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Kehadiran website menawarkan beberapa keuntungan, diantaranya adalah: Kecepatan dalam pengambilan data, membuat warna, teks, grafik, gambar, suara, dan video untuk diterapkan, biaya hampir tidak diperlukan untuk mengupdate informasi dengan sistem yang tepat, akses instant untuk mencari informasi dari seluruh dunia. Tujuan yang ingin didapat dari penelitian ini: Ingin mengetahui Tingkat Kepuasan Wartawan Terhadap Layanan Informasi Website Deplu. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriftif kuantitatif, dengan pendekatan survey dan kuesioner, dan metode analisis dengan menggunakan Importance-Performance analysis dari John A. Martila dan John C. James, skor rata-rata dan skala likert untuk mengukur tingkat kepuasankepentingan wartawan. Teori Parasuraman, mengenai kualitas pelayanan adalah teori yang digunakan dalam menganalisa permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 33 layanan yang ada dari masing-masing dimensi bahwa sebanyak 3 variabel terletak di kuadran A, dimana variabel yang perlu ditingkatkan oleh Deplu, karena variabel ini dianggap penting bagi wartawan namun belum dilaksanakan dengan baik oleh pihak Deplu sehingga wartawan belum merasa puas. 7 variabel yang terletak dikuadran B dimana variabel yang harus tetap dipertahankan kualitasnya karena dianggap variabel tersebut sudah sesuai dengan yang diharapkan wartawan. 4 variabel terletak dikuadran C dimana variabel yang dianggap kurang penting bagi wartawan dan kenyataanya kinerja variabel ini tidak terlalu barmanfaat. 2 variabel yang terletak dikuadran D, dimana variabel yang dianggap kurang penting bagi wartawan dan dirasakan pihak Deplu terlalu berlebihan didalam melaksanakannya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 050
Call Number: SK/07/073 YUL t
NIM/NIDN Creators: 04299-080
Uncontrolled Keywords: TINGKAT KEPUASAN WARTAWAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Dec 2007 14:00
Last Modified: 05 Jun 2017 07:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30432

Actions (login required)

View Item View Item