Perancangan kebutuhan material untuk menentukan biaya total yang dioptimalkan berdasarkan teknik lot sizing pada material X di PT. Maha Keramindo perkasa

fatah, Abdul (2007) Perancangan kebutuhan material untuk menentukan biaya total yang dioptimalkan berdasarkan teknik lot sizing pada material X di PT. Maha Keramindo perkasa. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)

Abstract

Salah satu faktor untuk mendukung kelancaran produksi dan meminimalisasi masalah produksi adalah dengan menjadwalkan dan memberikan jaminan bahwa bahan baku untuk produksi sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan produksi. Pengendalian persediaan sangat penting bagi perusahaan karena dengan system persediaan yang optimal perusahaan dapat menekan biaya dengan melihat variabelvariabel pendukungnya. Ada banyak teknik lot sizing yang digunakan dalam pengendalian persediaan. masing-masing teknik mempunyai kinerja yang berbeda, tergantung dari keadaan yang dihadapi. Dalam penelitian ini, yang akan dianalisa adalah biaya total yang dihasilkan oleh beberapa penggunaan teknik lot sizing dalam system MRP ( material requirement planning). Teknik lot sizing yang digunakan adalah Fixed Order Quantity ( Jumlah Pemesanan Tetap ), Economic Order Quantity ( Pemesanan dengan Jumlah yang Ekonomis ), Lot For Lot ( Lot untuk Lot ), Fixed Period Requirement ( Kebutuhan Periode Tetap ). Setelah data-data yang dimiliki dianalisa dengan keempat teknik lot sizing tersebut di atas, teknik Lot For Lot yang menghasilkan biaya total terendah.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 07 024
Call Number: STI/07/113 FAT p
NIM/NIDN Creators: 01601-001
Uncontrolled Keywords: PERANCANGAN KEBUTUHAN MATERIAL
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 30 Nov 2007 09:20
Last Modified: 05 Jun 2017 03:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30396

Actions (login required)

View Item View Item