Persepsi karyawan perum pegadaian pusat terhadp majalahinternal "warta pegadaian"

Suryana, Irma (2007) Persepsi karyawan perum pegadaian pusat terhadp majalahinternal "warta pegadaian". S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)

Abstract

ABSTRAKSI Nama : Irma Suryana Judul : Persepsi Karyawan Perum Pegadaian Pusat Terhadap Majalah Internal “ Warta Pegadaian “ Xiv + 82 halaman : 11 lampiran Bibliografi : 23 acuan ( 1984-2000) Media internal merupakan sebuah sarana komunikasi efektif yang banyak digunakan oleh humas yang ada dalam sebuah organisasi atau perusahaan untuk menyampaikan setiap informasi kepada khalayaknya baik khalayak internal maupun eksternal yang ada hubungannya dengan organisasi atau perusahaan tersebut. Permasalahannya adalah media internal yang ada sering sekali dimanfaatkan oleh pihak manajemen atau pimpinan untuk memuat aktifitas dan kinerja mereka, dan para karyawan sering sekali tidak dilibatkan untuk menyampaikan aspirasi serta ide mereka terhadap perusahaan. Peneliti ingin mengetahui lebih jelas bagaimana persepsi karyawan terhadap majalah internal “ Warta Pegadaian “. Apakah isi dan bentuk majalah tersebut sudah sesuai dengan keinginan mereka, dan apakah majalah ini lebih banyak membahas kepentingan manajemen dari pada kepentingan karyawan. Landasan teori ( kerangka pemikiran) antara lain membahas tentang pengertian komunikasi. komunikasi organisasi, pengertian persepsi, pendekatan uses and gratifications, pengertian pesan, media internal, pengertian humas, khlayak humas, publik internal Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu tipe penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran atau fenomena berdasarkan faktafakta, tanpa mencari atau menjelaskan hubungan dan tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi mengenai persepsi karyawan terhadap majalah “ Warta Pegadaian”. Metode yang digunakan adalah survey yakni dengan menyebarkan kuesioner kepada para karyawan Perum Pegadaian Pusat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini simple random sampling. Dengan mengunakan rumus Yamane dengan presisi 10 % maka didapatkan jumlah responden 77 orang dari 332 populasi yang ada. Melalui penyebaran kuesioner data-data yang diperoleh kemudian dimasukan kedalam table-tabel frekuensi dan dianalisa dalam bentuk penjelasan, sehingga didapatkan kesimpulan Hasil penelitian yang diperoleh mengenai persepsi karyawan terhadap bentuk dan isi majalah “ Warta Pegadaian “ adalah baik. Sehingga memugkinkan retensi terhadap tujuan-tujuan yang ingin dicapai perusahaan melalui media internal ini, dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 039
Call Number: SK/07/046 SUR p
NIM/NIDN Creators: 04200-050
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI KARYAWAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 29 Nov 2007 14:10
Last Modified: 05 Jun 2017 07:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30387

Actions (login required)

View Item View Item