Strategi media relations PR Indosiar dalammenunjang pubilitas akademi fantasi Indosiar (AFI) 2006

Mulyani, Hesti Cahyaningtyas (2007) Strategi media relations PR Indosiar dalammenunjang pubilitas akademi fantasi Indosiar (AFI) 2006. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI STRATEGI MEDIA RELATIONS PR INDOSIAR DALAM MENUNJANG PUBLISITAS AKADEMI FANTASI INDOSIAR (AFI) 2006 TEBAL HALAMAN : 85 , BIBLIOGRAFI : 38 BUKU (1980 – 2006) Hesti Cahayaningtyas Mulyani NIM: 0420212-037 Untuk merebut perhatian pemirsa terhadap suatu program acara, sebuah stasiun televisi harus memiliki strategi yang efektif. Hubungan dengan media juga dapat menjadi sarana publikasi dalam menunjang keberhasilan sebuah program acara. Untuk itu, diperlukan suatu strategi media relations yang efektif sehingga program acara, dalam hal ini AFI 2006, dapat berlangsung dengan sukses. Kerangka pemikiran yang digunakan mencakup tentang komunikasi menurut Rogers hingga Laswell, diikuti oleh pemahaman tentang PR mulai dari definisi, peran dan fungsi, dan strategi. Selanjutnya dibahas mengenai media relations, meliputi strategi, proses, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan wawancara yang mendalam (in-depth interview) dan studi kepustakaan. Narasumber untuk wawancara berasal dari pihak Indosiar yaitu Drs. Gufroni Sakaril selaku narasumber utama dari subjek penelitian, juga Ibu Asyro Maulani dan Bapak Gunawan, dan dari pihak media, Bapak Dodo, sebagai en-counter dan penguat informasi yang sudah didapatkan. Fokus penelitian yang dijabarkan adalah mengenai penetapan tujuan, proses perencanaan, pengimplementasian strategi, dan pengevaluasian strategi yang digunakan dalam menunjang publisitas AFI 2006. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa Indosiar menjadikan sistem kemitraan (partnership) dengan media sebagai implementasi strategi media relations mereka. Kerja sama tersebut berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 009
Call Number: SK/07/045 MUL s
NIM/NIDN Creators: 0420212-037
Uncontrolled Keywords: STRATEGI MEDIA RELATIONS
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 29 Nov 2007 14:08
Last Modified: 05 Jun 2017 07:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30386

Actions (login required)

View Item View Item