Perancangan pemanfaatan programmable controller(PLC) untuk pengendali perangkat pemutar dan pendeteksi posisi cetakan pada kaleng

Winarso, Ngatawi Dwi (2007) Perancangan pemanfaatan programmable controller(PLC) untuk pengendali perangkat pemutar dan pendeteksi posisi cetakan pada kaleng. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)

Abstract

Dasar dari pemilihan tema ini adalah penulis ingin menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna dalam dunia industri, dalam hal ini penerapan sistem kontrol menggunakan PLC pada alat pemutar kaleng untuk menentukan posisi cetakan pada kaleng di industri cat. Tujuannya agar bisa membantu kelancaran proses produksi dan meningkatkan produkrivitas. Dasar teori yang digunakan pada perangkat ini adalah sistem pengendalian peralatan dengan menggunakan PLC yang dikombinasikan dengan sensor dan alat lainnya untuk mendeteksi dan memutar kaleng, selanjutnya menentukan posisi cetakan yang tepat. Proses ini selanjutnya berulang untuk kaleng berikutnya secara otomatis. Pada perangkat ini digunakan kaleng ukuran kecil, apabila digunakan untuk kaleng yang lebih besar maka perlu penyesuaian alat – alat output atau input tanpa harus merubah program secara total. Setelah dilakukan pengujian perangkat untuk melakukan proses sesuai program, perangkat ini bisa bekerja sesuai diagram flow proses pada rancangan dan dilakukan sedikit perubahan pada setting timer.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 07 134
Call Number: STI/07/078 WIN p
NIM/NIDN Creators: 4140412-019
Uncontrolled Keywords: PROGRAMMABLE CONTROLLER
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Nov 2007 13:56
Last Modified: 04 Jun 2017 05:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30325

Actions (login required)

View Item View Item