Proses produksi tayangan infotainment KROSCEK bulan Mei 2006 di PT.Bintang Mas Media Utama (Format Hari Senin)

Lestari, Wiji Dwi (2007) Proses produksi tayangan infotainment KROSCEK bulan Mei 2006 di PT.Bintang Mas Media Utama (Format Hari Senin). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)

Abstract

ABTRAKSI Tayangan infotainment semakin banyak bermuculan di stasiun-stasiun televisi baik yang hanya sekedar gosip sampai investigasi dan banyak perdebatan antara infotainer dan MUI. Jenis tayangan infotainment adalah berita yang mengkhususkan isi beritanya mengenai kehidupan para artis maupun selebritis. Berbagai macam tayangan infotainment memberikan kemasan dan isi penyajian berita yang berbedabeda begitu juga tayangan infotainment Kroscek. Kroscek adalah tayangan infotainment pertama yang menyajikan isi beritanya ditayangkan setiap harinya. Dalam penyajiannya yang menarik diperlukan proses produksi yang kreatif dan selektif dalam pengembangan fakta dan peristiwa dan dikombinasikan dalam bentuk gambar dan visual. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mencoba memaparkan proses produksi tayangan infotainment Kroscek bulan Mei 2006 di PT Bintang Mas MediaUtama dengan format hari senin. Konsep-konsep yang diteliti meliputi mekanisme kerja redaksi yang dimulai dari pra produksi; melalui rapat redaksi yang mecakup rapat proyeksi dan rapat evaluasi, produksi; meliputi pencarian berita, taping dan pasca produksi yang meliputi penyeleksian atau penyutingan sampai pada tahap print to tape atau finishing yang kemudian ditayangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan hasil penelitian, penyimpulan yang dilakukan dengan wawancara mendalam dengan narasumber yaitu Pemimpin Redaksi, Produser Pelaksana, Koordinator Liputan, Reporter, Kameramen, Dokumentasi, Supervisi Visual dan Editor. Penelitian ini dapat diketahui bahwa untuk format hari senin di bulan Mei yang penulis teliti karena terdapat segmen yang mengupas tentang kisah cinta pasangan selebritis yang membedakan dengan infotainment lain, karena biasanya infotainment lain banyak yang mengupas masalah seputar gosip dan kasus para artis maupun selebritis, kesemuanya itu melalui berbagai macam proses produksi yang terdiri dari pra produksi, produksi dan pasca produksi karena dalam proses pembuatan program tayangan menyajikan isi, content maupun kualitas gambar yang harus memiliki nilai tinggi dan berkualitas.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 07 028
Call Number: SK/07/034 LES p
NIM/NIDN Creators: 04102-051
Uncontrolled Keywords: PROSES PRODUKSI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 01 Nov 2007 14:14
Last Modified: 05 Jun 2017 06:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30311

Actions (login required)

View Item View Item