Kecenderungan isi pesan iklan produk makanan balita di tabloid NOVA (Analisis produk iklan makanan balita di tabloid NOVA periode bulan Oktober-Desember 2005)

Arsih, Tuti (2007) Kecenderungan isi pesan iklan produk makanan balita di tabloid NOVA (Analisis produk iklan makanan balita di tabloid NOVA periode bulan Oktober-Desember 2005). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI TUTI ARSIH (04301–084) Kecenderungan Isi Pesan Man Produk Makanan Balita Di Tabloid Nova ( Analisis Isi Iklan Produk Makanan Balita Di Tabloid Nova Periode Bulan Oktober - Desember 2005 ) (X - 68 halaman ; 25 referensi 1978-2006 ; 6 tabel + 35 lampiran ) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya Iklan yang dibuat untuk menyampaikan pesan kepada khalayak, dengan menggunakan media massa yaitu tabloid. Salah satu Iklan yang ditampilkan adalah Iklan makanan balita, dengan segmen dan karakteristik produk yang sama. Isi Iklan yang ditampilkan menyajikan kemasan Iklan yang menarik. Tabloid Nova merupakan salah satu media yang dianggap efektif oleh produsen Iklan untuk mempromosikan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kecenderungan isi pesan Iklan makanan balita pada tabloid Nova peniode Oktober- Desember 2005. Dalam penelitian ini, kecenderungan isi pesan produk makanan balita dilihat berdasarkan unsur copywrifing dan visual serta isi pesan yang digunakan.dengan menggunakan teori Courtland L. Boove dan William F. Arens. Dalam periode ini terdapat 40 Iklan produk makanan balita yang diiklankan. Tipe yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode anallsis isi (Content analysis), metode analisis isi digunakan untuk mengetahui kecenderungan analisis isi pesan yang ada pada Iklan makanan balita berdasarkan elemen copywriting dan visual serta isi pesan. Populasi dalam penelitian ini adalah Iklan makanan pada tabloid Nova periode Oktober - Desember 2005. sedangkan tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling yang seluruh populasinya dijadikan sampel yaitu 40 Iklan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa Iklan makanan balita perlode Oktober - Desember 2005, Untuk kategori headline menggunakan Provokatif untuk kategori subheadline menggunakan subheadline, untuk kategori bodycopy menggunakan picture and caption copy, untuk kategori ilustrasi menggunakan ilustrasi Show the happy result of using the product dan untuk kategori isi pesan menggunakan isi pesan rasional.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 058
Call Number: SK/07/027 ARS k
NIM: 04301-084
Uncontrolled Keywords: KECENDERUNGN ISI PESAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 24 Oct 2007 15:36
Last Modified: 05 Jun 2017 06:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30281

Actions (login required)

View Item View Item