Chaeruddin, (2007) Strategi kreatif iklan televisi susu kental manis Frisian Flag dengan menggunakan pendekatan budaya. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
Abstract
ABSTRAKSI CHAERUDIN (04301 – 024) STRATEGI KREATIF IKLAN TELEVISI SUSU KENTAL MANIS FRISIAN FLAG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUDAYA xiii + 76 halaman; 2 bagan; 21 lampiran; 1 cd klip iklan Bibliografi : 17 (1987 – 2005) Strategi merupakan suatu arah / perencanaan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam iklan diperlukan suatu perencanaan kreatif untuk menghasilkan iklan yang mampu menarik perhatian khalayak. Pada strategi dari isi iklan susu kental manis Frisian Flag dengan menggunakan pendekatan budaya menjadi hal yang menarik untuk diteliti, oleh karenanya penulis terdorong untuk meneliti lebih jauh mengenai kreatifitas dalam sebuah iklan. Permasalahan yang ingin diangkat adalah apa yang menjadi dasar iklan televisi susu kental manis Frisian Flag membentuk strategi kreatif dengan memanfaatkan pendekatan budaya, dan tujuan dari penelitian adalah untuk memaparkan strategi kreatif iklan televisi susu kental manis Frisian Flag versi pendekatan budaya (”teh”, ”tulang”, ”beli”) yang dilakukan biro iklan Leo Burnett Kreasindo pada tahun 2004. Pengertian dalam strategi kreatif mengacu pada konsep A D Farbey, George E Belch and Michael E Belch, Sandra E Moriarty, David A Aaker, kemudian eksekusi iklan mengacu pada konsep Sandra E Moriarty, George E Belch and Michael E Belch, J Thomas Russel and W Ronald Lane. Metode yang digunakan penulis adalah metode studi kasus (case study), kemudian sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui pedoman wawancara terhadap art creator / tim kreatif Leo Burnett Kreasindo. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep / tema iklan televisi susu kental manis Frisian Flag versi pendekatan budaya dibentuk berlandaskan untuk menggambarkan kedekatan susu kental manis brand Frisian Flag dalam kehidupan orang / keluarga Indonesia, sehubungan dengan kehadiran brand tersebut sejak lama, sekaligus menciptakan suatu iklan televisi yang berbeda dengan pesaingnya. Mengacu pada konsep / tema iklan tersebut strategi kreatif kemudian diciptakan secara cermat untuk menghasilkan iklan televisi yang sukses. Berbagai macam hal yang terdapat dalam eksekusi iklan televisi pun dirancang sebaik mungkin agar dapat menarik perhatian audiens. Begitu juga didukung dengan penayangan iklan televisi yang cukup sering.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/IKL. 07 061 |
Call Number: | SK/07/016 CHA s |
NIM/NIDN Creators: | 04301-024 |
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 24 Oct 2007 14:16 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 06:52 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30277 |
Actions (login required)
View Item |