Putri, Maharani Dhiana (2007) Strategi komunikasi pemasaran klub eksekutif persada purnawira Halim periode 2006. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Maraknya sektor jasa hiburan, restoran dan komunikasi di Indonesia khususnya wilayah Jakarta, mengundang berbagai analisis dan pemikiran strategis untuk pengembangan sektor ini. Hal ini terlihat dari banyaknya Klub-Klub yang didirikan. Untuk dapat bersaing dengan Klub lain, sebuah Klub harus memiliki strategi yang jitu dalam menghadapi persaingan tersebut. Salah satu strategi yang harus dilakukan oleh Klub Eksekutif Persada yaitu dengan melakukan strategi komunikasi pemasaran, karena strategi itu dapat dikemas sedemikian rupa kedalam bentuk periklanan, promosi penjualan, penjualan tatap muka, penjualan langsung maupun publisitas yang dapat menarik perhatian khalayak sasaran terhadap Klub Eksekutif Persada. Kerangka pemikiran yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada konsep komunikasi pemasaran Chriss Fill. Chriss Fill menjelaskan bahwa dalam sistem komunikasi terdapat bauran pemasaran, yang merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan. Namun semua hal tersebut tidak terlepas dari peran komunikasi pemasaran dalam menyampaikan informasi mengenai keberadaan suatu klub kepada khalayak sasaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus (cases study), dengan tipe penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah eksploratif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (Indepth interview) dengan narasumber Klub Eksekutif Persada serta menggunakan datadata yang diperoleh dari Klub Eksekutif Persada. Hasil wawancara menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Klub Eksekutif Persada merupakan bagian dari keseluruhan kegiatan komunikasi pemasaran KEP. Pada penelitian ini dapat dilihat bahwa KEP menggunakan kegiatan periklanan, promosi penjualan berupa penawaran hadiah dan discount ,publisitas dan penjualan pribadi berupa direct mail. Dalam kesimpulan pada penulisan ini maka dapat dikemukakan bahwa analisis SWOT menjadi landasan utama pembuatan perencanaan strategi komunikasi pemasaran KEP yang meliputi segmentasi, targeting dan positioning. Dan dalam mengkomunikasikan produk-produknya, KEP menggunakan bauran promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, publisitas dan penjualan pribadi. Strategi komunikasi pemasaran yang dimiliki KEP bertujuan untuk mempertahankan pelanggan melalui pembinaan relationship dan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik sehingga kepuasan pelanggan terpenuhi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/IKL. 07 069 |
Call Number: | SK/07/013 NUG p |
NIM/NIDN Creators: | 4430412-008 |
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI KOMUNIKASI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 24 Oct 2007 13:57 |
Last Modified: | 04 Jun 2017 05:39 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30276 |
Actions (login required)
View Item |