Pemahaman khalayak terhadap unsur iklan dalam elyer distro cactus greenshop

Martin, Aris (2007) Pemahaman khalayak terhadap unsur iklan dalam elyer distro cactus greenshop. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)

Abstract

ABSTRAKSI Aris Martin (04399-012) Pemahaman Khalayak Terhadap Unsur-Unsur Iklan Dalam Flyer Distro Cactus Greenshop xi+ 65 halaman; 13 lampiran Bibliografi 15 Sumber (1954 -2005) Media sebagai advertising tool berkembang sesuai tuntutan zaman, memberikan varietas bentuk dan informasi di dalamnya tapi tetap bertujuan sama yaitu menyampaikan pesan. Salah satu dari media baru dalam beriklan adalah flyer, berupa sehelai kertas yang dihias dengan desain-desain atraktif tapi sedikit informasi yang ditawarkan, sehingga pesan yang ditangkap relatif sulit untuk dicerna. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana isi informasi dari flyer tersebut dapat diresap oleh konsumen sehingga mereka paham dan mengerti maksud yang ingin disampaikan oleh informan. Sebagaimana diketahui periklanan merupakan sasaran Bantu bagi khalayak untuk mengetahui produk apa yang ditawarkan dan apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur pemahaman khalayak terhadap unsur-unsur iklan dalam flyer distro cactus greenshop yang hanya mempunyai sedikit informasi didalamnya. Penelitian ini mengacu pada pemikiran dari Robert J. Lavidge dan Gary Steiner dari pemikiran ini dapat dipahami proses pembentukan tingkah laku yang dialami oleh konsumen distro dari sejak tingkat kesadaran (Awareness) sampai pada tingkat pembelian (Purchase), dimana tingkatan yang diukur hanya sampai pada tahap dasar yaitu tahap Awareness dan Knowledge, yang mana tahap tersebut termasuk kedalam bidang kognitif (bidang pemikiran). Tahapan kognitif disini berdasarkan pemikiran dan penilaian rasional yang dianjurkan oleh komunikator. Dan untuk mengukur pemahaman mengacu pada pemikiran dari Daniel Starch yang menyatakan bahwa respon pengetahuan (recognition) terdiri atas noted yaitu apakah khalayak telah melihat iklan suatu produk, seen associated yaitu konsumen, calon konsumen, khalayak mengingat iklan dari nama atau merk suatu produk tertentu (brand name produk), dan kegunaan produk tertentu, dan read most yaitu apabila khalayak tertarik untuk membaca, memahami, mempelajari isi dari pesan lebih dari 50 persen dan dapat mengingat baik itu kata-kata, warna, visual atau ilustrasi, logo atau produk dari iklan yang ditampilkan dan unsur-unsur lainnya Penelitian ini bersifat deskriptif. Dan menggunakan metode penelitian survey dengan populasi para pengunjung distro dan untuk penarikan sampelnya adalah sampling nonrandom dimana sample yang diambil sedemikian rupa sehingga tiap unit penelitian dari populasi tidak mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel dengan tekhnik sampling kebetulan (accidental sampling). Dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuesioner.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 034
Call Number: SK/07/006 MAR p
NIM/NIDN Creators: 04399-012
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN KHALAYAK
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 Oct 2007 10:58
Last Modified: 05 Jun 2017 06:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30238

Actions (login required)

View Item View Item