Tingkat Perhatian Khalayak Terhadap Iklan Rokok Mezzo Pada Media Balon Udara Berjalan

Agus, (2007) Tingkat Perhatian Khalayak Terhadap Iklan Rokok Mezzo Pada Media Balon Udara Berjalan. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
04302-001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Agus (04302-001) Tingkat Perhatian Khalayak Terhadap Iklan Rokok MEZZO Pada Media Balon Udara Berjalan (X, 67 Hal, 19 Tabel, 6 Lampiran ) Bibliografi : 18 buku (1984-2004) Berbagai media alternative diciptakan oleh para pembuat iklan agar pesan yang disampaikan dapat dengan mudah dan cepat diingat oleh konsumen. Penampilan iklan yang menarik tercermin dari penggunaan unsur-unsur iklan dan penggunaan media sebagai alat promosi. Dalam proses perhatian khalayak terhadap penafsiran unsur-unsur iklan, seseorang dipengaruhi oleh luas pengalaman dan lingkup referensinya. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini adalah memberi gambaran tentang tingkat perhatian khalayak terhadap iklan rokok MEZZO pada media balon udara berjalan. Kerangka pemikiran yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan tingkat perhatian, seperti teori AIDA dan unsur-unsur iklan yang ada pada media balon udara berjalan seperti bentuk, warna, merek, tulisan, tata letak. Sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survey, dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Dengan teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling, sample yang diambil sebanyak 60 responden dari populasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa responden mempunyai tingkat perhatian yang tinggi, walaupun sebagian responden tahu setelah produk tersebut diiklankan di media lain selain media luar ruang balon udara berjalan. Unsurunsur iklan yang dibuat oleh pengiklan pada media balon udara berjalan mempunyai tingkat perhatian yang termasuk tinggi dari responden, seperti bentuk medianya yang unik dan lain dari media iklan yang pernah digunakan sebelumnya sehingga khalayak mempunyai tingkat perhatian yang termasuk tinggi terhadap iklan tersebut, selain itu warna yang digunakan tidak terlalu banyak sehingga khalayak dapat dengan mudah mengingatnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 073
Call Number: SK/06/193 AGU t
NIM/NIDN Creators: 04302-001
Uncontrolled Keywords: TINGKAT PERHATIAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 29 Sep 2007 14:21
Last Modified: 24 Aug 2022 03:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30221

Actions (login required)

View Item View Item