Fadli, Ahmad (2007) PERSEPSI PUBLIK RAWA BOKOR KECAMATAN BENDA TANGERANG TERHADAP AKTIFITAS COMMUNITY RELATIONS PT (PERSERO) ANGKASA PURA II BANDARA SOEKARNO-HATTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
![]() |
Text (TUGAS AKHIR FULL)
SKRIPSI AHMAD FADIL.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
Abstract
Hubungan yang harmonis dengan komunitas sangat penting bagi perusahaan, agar tidak terjadi suatu konflik yang berkepanjangan dengan publik setempat, yang dapat mengganggu kelancaran usaha. Komunitas di sekitar perusahaan merupakan salah satu publik eksternal yang juga sangat mendukung keberadaan suatu perusahaan dan secara langsung maupun tidak langsung turut menentukan berhasil tidaknya suatu kegiatan kehumasan yang dilakukan suatu perusahaan. Kegiatan tersebut yakni berupa community relations atau menjalin hubungan yang harmonis terhadap publiknya. Public Relations yang merupakan wakil dari instansinya berkewajiban menumbuhkembangkan hubungan yang harmonis dengan publik eksternalnya. Salah satu kegiatan Public Relations dengan publik eksternalnya adalah hubungan dengan komunitas, yang dimaksud dengan hubungan dengan komunitas adalah terbinanya hubungan antara perusahaan dimana Public Relations itu berada dengan komunitas sekitar perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana persepsi publik Rawa Bokor Kecamatan Benda Tangerang terhadap aktifitas community relations PT (Persero) Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta periode Juni 2005 – Juni 2006. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori komunikasi Stimulus-Respons (S-R) dan teori community relations dari Wilbur J. Peak yakni hubungan dengan komunitas yang berorientasi pada kegiatan, yakni kegiatan yang bersifat partisipatif dan memberi keuntungan bagi kedua belah pihak, perusahaan dan komunitas sekitar perusahaan. Tipe penelitian ini adalah deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan serta informasi yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persepsi publik Rawa Bokor terhadap aktifitas community relations PT (Persero) Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta periode Juni 2005 – Juni 2006 adalah cukup positif, dari segi kesejahteraan komersial, lapangan pekerjaan, fasilitas pendidikan yang memadai, dan perhatian terhadap keselamatan umum. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah bahwa PT (Persero) Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta selama ini telah mendapat persepsi yang cukup positif, adapun saran dari penulis adalah sebaiknya PT (Persero) Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta terus memperbaiki program community relations kepada publik Rawa Bokor sehingga menjadi baik dan tepat guna.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 07 073 |
Call Number: | SK/06/094 FAD p |
NIM/NIDN Creators: | 04201-006 |
Uncontrolled Keywords: | aktivitas community relation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 01 Mar 2007 11:52 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 08:11 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30133 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |