HUBUNGAN ISI PESAN KUIS “SUPER DEAL 2 MILYAR” DI ANTV DENGAN PENGETAHUAN KHALAYAK

KUSRINI, SRI (2008) HUBUNGAN ISI PESAN KUIS “SUPER DEAL 2 MILYAR” DI ANTV DENGAN PENGETAHUAN KHALAYAK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
4410412-015 Sri Kusrini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)

Abstract

Abstaksi Program acara kuis di televisi cukup mendapat perhatian pemirsa di Indonesia. Tak ayal salah satu stasiun televisi swasta menyajikan program acara kuis sebagai program acara unggulan dengan menempatkannya pada jam tayang prime time. Fenomena suguhan acara kuis yang bermunculan di televisi saat ini saling berlomba-lomba menjanjikan hadiah milyaran rupiah dan ragam hadiah berlimpah lainnya. Slogan “Milyar” pun seolah menjadi trade mark untuk menarik perhatian penonton. Penulisan skripsi ini difokuskan pada salah satu kuis, yaitu kuis “Super Deal 2 Milyar” dengan tujuan untuk mengetahui hubungan isi pesan komunikasi dari acara kuis tersebut yang tayang di stasiun televisi ANTV dengan pengetahuan khalayak. Teori yang digunakan pada penelitian ini menitik beratkan pada Model Komunikasi “Hierarki Efek” didukung pula oleh Model Komunikasi Stimulus- Response yang menjelaskan tentang pengaruh yang terjadi pada pihak receiver sebagai akibat dari komunikasi dan penerimaan khalayak atas berbagai stimulus yang disampaikan melalui media massa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Besar kecilnya pengaruh serta dalam bentuk apa pengaruh tersebut terjadi, tergantung pada isi dan penyajian stimulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada/tidaknya hubungan antara isi pesan kuis “Super Deal 2 Milyar” dengan pengetahuan khalayak. Dalam penulisan ini penulis menggunakan sifat penelitian deskriptif-korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan metode survey. Survey dilakukan pada masyarakat di kelurahan Koja dan Lagoa-Jakarta Utara, jumlah populasi 100.000 dengan tingkat kesalahan 5% dan tingkat kepercayaan 95% terhadap populasi. Sesuai tabel dari Zikmund dengan jumlah populasi tersebut, di ambil sampel sejumlah 300 responden dan penyebaran kuesioner dilakukan secara accidental. Jam tayang acara kuis “Super Deal 2 Milyar” diwaktu prime time dimana saat tersebut waktu kumpul keluarga sangat memenuhi sasaran target audience sehingga memungkinkan kuis “Super Deal 2 Milyar” ditonton pemirsa televisi yang pada akhirnya berpengaruh pada wawasan penonton terhadap program acara ini menjadi baik. Dari hasil penelitian didapat mayoritas segala aspek indikator pada variabel pengetahuan diketahui oleh responden serta dominan dinyatakan setuju pada masingmasing dimensi rasional dan emosional pada variabel isi pesan. Hasil penelitian menggunakan teknik korelasi Spearman sebesar 0.469. Angka tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan antara isi pesan kuis “Super Deal 2 Milyar” dengan pengetahuan khalayak terhadap kuis tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 020
Call Number: SK/08/002 KUS h
NIM/NIDN Creators: 4410412-015
Uncontrolled Keywords: PENGETAHUAN KHALAYAK
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 Apr 2008 10:14
Last Modified: 15 Apr 2025 03:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30007

Actions (login required)

View Item View Item