FARIZA, NUR (2007) PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP IKLIM KOMUNIKASI DI PT. MAJU ALAM MANDIRI INTERNASIONAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
![]() |
Text (TUGAS AKHIR FULL)
Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam suatu organisasi pastilah membutuhkan interaksi para anggotanya, hal tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman bagi anggota organisasi tersebut mengenai latar belakang, pengalaman, sikap dan perilaku orang lain. Dengan adanya interaksi tersebut maka timbul lah suatu iklim komunikasi. Iklim komunikasi telah menjadi salah satu pengaruh yang paling penting dalam produktivitas organisasi, sebab iklim mempengaruhi usaha anggota organisasi, dan juga iklim komunikasi mempunyai peranan sentral dalam mendorong anggota organisasi untuk mencurahkan usaha kepada pekerjaan dalam organisasi tersebut. Pada dasarnya iklim komunikasi merupakan gabungan dari persepsi-persepsi mengenai peristiwa komunikasi, perilaku manusia, respons pegawai terhadap pegawai lainnya, harapan-harapan, konflikkonflik antarpersona dan kesempatan bagi pertumbuhan dalam organisasi tersebut. Oleh karena itu perlu dibangun iklim komunikasi yang dapat menciptakan persepsi yang baik diantara para anggotanya sehingga dapat menciptakan perilaku kerja tertentu yang dapat mencapai tujuan organisasi. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk meneliti bagaimanakah “Persepsi Karyawan Terhadap Iklim Komunikasi di PT. Maju Alam Mandiri Internasional”. Yang menjadi pokok persoalan utama dalam iklim komunikasi adalah dengan terbentuknya: 1) Persepsi mengenai sumber komunikasi dan hubungannya dalam organisasi, 2) Persepsi mengenai tersedianya informasi bagi anggota organisasi, dan 3) Persepsi mengenai organisasi itu sendiri. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, jadi penelitian ini bertujuan hanya memaparkan situasi dan peristiwa, menggambarkan masing-masing dimensi dengan menggunakan kuesioner sebagai media untuk melakukan survey dan studi kepustakaan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang dilakukan adalah Metode Survey yang dilakukan kepada 34 orang responden agar peneliti bisa mendapatkan gambaran mengenai persepsi karyawan terhadap iklim komunikasi yang terjadi di PT. Maju Alam Mandiri Internasional ini. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, diketahui bahwa iklim komunikasi yang berkembang di PT. Maju Alam Mandiri Internasional adalah cenderung positif. Hal tersebut terlihat pada hasil penelitian dari setiap dimensi yaitu persepsi mengenai sumber komunikasi berada pada skor rata-rata 75.59 % yang artinya positif, untuk persepsi mengenai informasi berada pada skor rata-rata 70.82 % yang artinya positif dan untuk persepsi mengenai organisasi juga berada pada skor rata-rata 63.88 % yang mana juga berarti positif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 07 069 |
Call Number: | SK/07/263 FAR p |
NIM/NIDN Creators: | 4420411-035 |
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI KARYAWAN |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 11 Apr 2008 15:15 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 02:04 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |