PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP PERAN DAN FUNGSI HUMAS PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DKI JAKARTA

FADILLAH, KARTIKA SARIE (2007) PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP PERAN DAN FUNGSI HUMAS PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DKI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
KARTIKA SARIE FADILLAH_04202-052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)

Abstract

Humas yang lebih dikenal dengan istilah Public Relations mempunyai fungsi menjalankan dan melancarkan segala usaha komunikasi organisasi baik pada perusahaan swasta maupun pada instansi pemerintah. Komunikasi yang dilakukan akan dapat menentukan kualitas dan kuantitas hubungan yang akan terjadi, apakah hubungan tersebut baik atau tidak baik. Dalam komunikasi terjadi proses penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan tersebut dapat menimbulkan prasangka negatif yang dapat mengakibatkan timbulnya hubungan yang tidak baik, terutama bila komunikasi tersebut melibatkan kelompok besar masyarakat. Peran yang dilakukan humas adalah kegiatan yang akan dilakukan sebagai seorang humas dalam melakukan tugasnya, didalam instansi atau perusahaannya baik untuk khalayak dan perusahaannya. Fungsi bagian humas yang berada di lapis terbawah manajemen lini tengah, secara global membatasi ruang gerak dan wewenang bagian humas untuk dapat berperan seluruh jajaran manajemen. Persepsi merupakan inti komunikasi, persepsi adalah proses internal yang memungkinkan kita memilih, mengorganisasikan, dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan kita. Dalam proses persepsi banyak rangsangan sampai kepada kita melalui pancaindera, namun kita tidak mempersepsi semua itu secara acak. Tipe penelitian ini menggunakan deskriptif, yaitu membuat gambaran yang sistematis mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat pada populasi tertentu dengan pendekatan kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Dengan melakukan pengumpulan data dan mnyebarkan kuesioner kepada 68 sampel responden PDAM, diantaranya para pimpinan dan lima divisi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa perspsi karyawan terhadap peran dan fungsi humas PDAM DKI Jakarta sebesar 72,20% yang berarti baik, dan persepsi karyawan terhadap fungsi humas PDAM DKI Jakarta sebesar 72,01% yang berarti baik. Dengan hasil keseluruhan penelitian 67,92% yang berarti cukup baik dalam menjalankan peran dan fungsi sebagai humas PDAM DKI Jakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 064
Call Number: SK/07/185 FAD p
NIM/NIDN Creators: 04202-052
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Apr 2008 14:02
Last Modified: 06 Mar 2025 03:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29982

Actions (login required)

View Item View Item