PERENCANAAN KAMPANYE BADAN HUMAS DEWAN PIMPINAN WILAYAH (DPW) PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DKI JAKARTA DALAM KAMPANYE PILKADA TAHUN 2007

AMILIA, RIKA (2007) PERENCANAAN KAMPANYE BADAN HUMAS DEWAN PIMPINAN WILAYAH (DPW) PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DKI JAKARTA DALAM KAMPANYE PILKADA TAHUN 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
SKRIPSI_RIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kampanye adalah salah satu bagian terpenting dalam mempromosikan ide, dan gagasan. Kampanye yang dilakukan dapat diterima atau tidaknya tergantung dari jenis saluran komunikasi yang digunakan dan tergantung pada isi pesan kampanye tersebut. Begitu juga dengan Kampanye Pilkada yang dilakukan oleh Badan Humas DPW PKS DKI Jakarta pada tahun 2007 ini, yang dirasa perlu mempunyai perencanaan kampanye yang tepat guna mensukseskan pilkada yang dilakukannya Dalam membuat kampanye harus terlebih dahulu menyusun perencanaan. Perencanaan dan pengelolaan berbagai hal secara benar dapat menjadi suatu hal yang menyenangkan. Itu merupakan suatu proses yang kreatif. Hal ini semua tentunya tergantung pada perencanaan kampanye yang dilakukan oleh humas suatu organisasi dalam melakukan kampanye. Anne Gregory menuturkan dalam bukunya Perencanaan Dan Manajemen Kampanye Public Relations bahwa ada 10 tahap-tahap perencanaan kampanye yakni analisis, tujuan, publik (khalayak), pesan, strategi, taktik, skala waktu, sumber daya, evaluasi dan review. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode penelitian studi kasus serta peneliti mencoba mengacu pada teori Anne Gregory terhadap 10 tahap-tahap perencanaan kampanye yang menurut peneliti penting untuk diterapkan didalam perencanaan Kampanye Pilkada yang dilakukankan oleh Badan Humas DPW PKS DKI Jakarta. Sedangkan untuk teknik analisa data pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisa triangulasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan menganalisis data primer dan data sekunder dapat diketahui bahwa 10 tahap-tahap perencanaan kampanye yang dibuat oleh Anne Gregory juga dibuat dalam perencanaan Kampanye Pilkada yang dilakukan oleh Badan Humas DPW PKS DKI Jakarta dan perencanaan ini juga kemudian diimplementasikan pada Kampanye Pilkada tahun 2007 ini. Namun, tidak semua yang ada didalam tahap-tahap perencanaan kampanye itu dilakukan atau diimplementasikan sama persis seperti yang ada didalam tahap-tahap perencanaan kampanye tersebut. Artinya bahwa ada didalam tahap-tahap perencanaan yang dianjurkan oleh Anne Gregory tidak diterapkan oleh Badan Humas DPW PKS DKI Jakarta begitu juga sebaliknya bahwa ada beberapa yang tidak ada didalam tahap-tahap perencanaan Anne Gregory tetapi diterapkan dalam perencanaan Kampanye Pilkada tahun 2007 tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 100
Call Number: SK/07/142 AMI p
NIM/NIDN Creators: 04203-019
Uncontrolled Keywords: PERENCANAAN KAMPANYE
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Apr 2008 15:33
Last Modified: 05 Mar 2025 02:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29976

Actions (login required)

View Item View Item