EFEKTIVITAS MEDIA RELATIONS INDONESIAN IDOL 3 DI PT. RAJAWALI CITRA TELEVISI INDONESIA (RCTI)

ANGGRAINI, DINI (2007) EFEKTIVITAS MEDIA RELATIONS INDONESIAN IDOL 3 DI PT. RAJAWALI CITRA TELEVISI INDONESIA (RCTI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03 Lembar Pengesahan Perbaikan Skripsi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05 Kata Pengantar.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
06 Abstraksi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
07 Daftar Isi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
08 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
09 DAFTAR TABEL.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (BAB I S/D BAB V)
10 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)

Abstract

Seiring lahirnya sejumlah stasiun televisi baru saat ini, maka banyak juga bermunculan program-program atau acara yang banyak menghibur para audience dengan kemeriahan dan menanamkan image yang sangat kuat dari acara tersebut yang kita kenal dengan sebutan reality show. Salah satu acara reality show yang sangat populer dan sangat unggul dibandingkan dengan program-program yang sejenis yaitu Indonesian Idol 3 yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta pertama di Indonesia, yaitu PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI). Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas media relations Indonesian Idol 3 yang dapat meningkatkan hasil publisitas pada media-media yang menjadi partner atau media-media yang diundang untuk dapat mempublikasikan Indonesian Idol 3 ini, khususnya pada saat press conference, babak workshop, babak spektakuler dan juga pada saat final. Indonesian Idol kini yang sudah dapat bertahan selama 3 musim ini sudah melahirkan penyanyi-penyanyi berbakat dan mempunyai potensi yang sangat baik, itu semua tidak terlepas dari dukungan-dukungan media termasuk kerja keras tim media relations dan Public Relations Indonesian Idol 3 ini dalam mempublikasikan dan mempromosikan program reality show yang terpilih sebagai music & variety show terpopuler pilihan pemirsa sehingga mendapatkan penghargaan Panasonic Award 2005. penelitian ini dilakukan dari tanggal 2 Juni – 19 Agustus 2006. Adapaun dalam penelitian ini menggunakan konsep-konsep dari Anna Gregory, dan beberapa konsep dari buku-buku PR dan media relations, karena konsep-konsep tersebut sangat berhubungan dengan penelitian ini. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 25 media dari 25 wartawan non MNC (Media Nusantara Citra) Grup yang meliput kegiatan Indonesian Idol 3. teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner kepeda responden dan diolah secara manual dengan menggunakan tabel, skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert. Hasil penelitian ini memperlihatkan efektivitas media relations Indonesian Idol 3 itu efektif dengan hasil publikasi yang baik dan positif dari media-media yang meliput dan mempublikasikan Indonesian Idol 3 dan juga hubungan personal yang baik antara wartawan dengan media relation dan PR Indonesian Idol yang menjadi sumber segala informasi. Hal ini terbukti dari hasil kuesioner dan wawancara dengan beberapa pihak yang menunjukkan bahwa hasil publikasi media-media tersebut positif/ efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 143
Call Number: SK/07/124 ANG e
NIM/NIDN Creators: 04203-033
Uncontrolled Keywords: EFEKTIFITAS MEDIA RELATIONS
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Feb 2008 10:12
Last Modified: 12 Mar 2025 02:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29894

Actions (login required)

View Item View Item