CITRA RAGAWI (BODY IMAGE) PEREMPUAN DALAM MAJALAH POPULAR (ANALISA SEMIOTIKA GAMBAR PEREMPUAN RUBRIK “WAJAH” POPULAR EDISI JUNI 2005 & NOVEMBER 2006) 2007

CONSTANCE, LEVINE (2007) CITRA RAGAWI (BODY IMAGE) PEREMPUAN DALAM MAJALAH POPULAR (ANALISA SEMIOTIKA GAMBAR PEREMPUAN RUBRIK “WAJAH” POPULAR EDISI JUNI 2005 & NOVEMBER 2006) 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Judul Skripsi.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstraksi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
03 Kata Pengantar.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
04 Daftar Isi Skripsi.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
05 Daftar Tabel.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (BAB 1 S/D BAB V)
06 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (LAMPIRAN BIODATA)
08 Biodata Penulis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text (LAMPIRAN FOTO)
9a Lampiran Foto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text (LAMPIRAN LUKISAN)
9b Lampiran Lukisan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Dengan digulirkannya RUU APP ke publik di awal Januari yang lalu, isu pornografi dan yang berkenaan dengan perempuan menjadi topik hangat yang kerap dibicarakan di tengah masyarakat. Tiba – tiba fenomena tampilan tubuh perempuan yang selalu mendominasi kebanyakan media menjadi begitu terkenal. Majalah pria dewasa tak merasa sungkan untuk menampilkan tubuh para model yang dibuat sedemikian rupa untuk memuaskan mata pembacanya, terlepas dari konservatisme seksualitas yang tumbuh di dalam sosial. Citra ragawi perempuan dalam media massa merupakan hal menarik untuk diulas. Citra tubuh merupakan salah satu dari simbol dan tanda yang merepresentasikan sebuah masyarakat. Citra merupakan salah satu dari bahasa di masyarakat yang tidak hanya mencerminkan realitas tetapi juga menciptakan realitas. Dan media massa lazim melakukan berbagai tindakan dalam konstruksi realitas di mana hasil akhirnya berpengaruh kuat terhadap pembentukan makna atau citra tentang suatu realitas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari studi kepustakaan, kajian literatur, artikel di dalam surat kabar dan majalah, jurnal, situs online, serta informasi dari beberapa nara sumber (wawancara). Tujuan dari penelitian ini adalah menjawab pertanyaan penelitian yaitu bagaimana majalah Popular mencitrakan tubuh perempuan sebelum dan sesudah diwacanakannya RUU APP kepada publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika dengan pendekatan kultural. Unit analisisnya merupakan foto/gambar per bingkai dalam edisi bulan Juni 2005 dan November 2006. Yang menjadi fokus penelitian adalah analisa semiotik Barthes suatu model sistematis makna dari tanda. Penemuan dalam penelitian ini adalah citra ragawi perempuan ideal yang diciptakan oleh Popular merupakan suatu pencerminan dari realitas sosial yang ada. Citra ragawi perempuan di dalam majalah Popular membawa bendera sensualitas perempuan sebagai unsur komersialitas. Sensualitas perempuan yang ditampilkan disesuaikan dengan hasrat impian para pria pembacanya. Dalam rubrik ini perempuan tidak dinilai berdasarkan kualitas dirinya, tetapi lebih ke tampilan fisiknya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 097
Call Number: SK/07/094 CON b
NIM/NIDN Creators: 44205110021
Uncontrolled Keywords: BODY IMAGE
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 Jan 2008 15:00
Last Modified: 05 Mar 2025 03:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29860

Actions (login required)

View Item View Item