SELVIE, SELVIE (2007) KONSEP DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PELAJAR SMP PERINTIS DEPOK (STUDY DESKRIPSI TENTANG PENGEMBANGAN SIKAP POSITIF PELAJAR KELAS IX YANG TERLIBAT AKTIF DALAM ORGANISASI SEKOLAH). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02 berkas2 ttd.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
03 abstraksi.pdf Download (29kB) | Preview |
|
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
03 DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
|
![]() |
Text (BAB I S/D BAB II)
04 bab1+2.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
05 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
06 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
07 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN WAWANCARA)
10 TRANSKRIP WAWANCARA.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
Abstract
Penelitian tentang Konsep diri dalam komunikasi antar pribadi ini bermaksud mengkaji arti penting diri manusia terhadap dirinya dan orang lain ketika mereka berkomunikasi dengan sesamanya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Perintis Depok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori Goerge Herbert Mead yang melihat interaksi sosial sebagai tempat perkembangan konsep diri manusia atau menurutnya manusia berbeda dengan binatang karena manusia memiliki kemampuan untuk berefleksi terhadap diri sendiri, yakni kemampuan mempersepsikan diri sendiri sehingga mereka mampu menjadi subjek dan objek dari pengalamannya sendiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk melukiskan atau memaparkan objek, suatu gejala, atau fenomena sosial. Nara sumber diambil secara purposive, peneliti sudah mengetahui lebih tentang karakteristik dari nara sumber, yaitu para siswa-siswi kelas IX yang terlibat aktif dalam kegiatan organisasi sekolah. Penulis mengumpulkan data penelitian ini dalam uraian tentang gambaran diri dan pergaulan mereka, kemudian penulis menganalisis data penelitian dengan menguraikan berdasarkan fokus penelitian yaitu melihat citra diri (self image), harga diri (self esteem), diri bersifat pribadi (perceived self), diri bersifat ideal (desired self), diri bersifat publik (presenting self), individu dalam komunikasi antar pribadi, memahami diri pribadi dalam komunikasi antar pribadi, dan memahami orang lain dalam komunikasi antar pribadi. Dari hasil dan wawancara mendalam dengan keenam pelajar kelas IX yang aktif mengikuti kegiatan organisasi sekolah dalam pengembangan sikap positif di SMP Perintis Depok, adanya kesesuaian perceived self dengan presenting self pada perkembangan konsep diri dari seluruh informan yang menunjukan bahwa memiliki kemampuan untuk mengembangkan jalinan komunikasi antar pribadinya dengan orang lain, sehingga memiliki sikap positif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 07 077 |
Call Number: | SK/07/067 SEL k |
NIM/NIDN Creators: | 44205110059 |
Uncontrolled Keywords: | KONSEP DIRI DALAM KOMUNIKASI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 06 Dec 2007 14:30 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 07:39 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29833 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |