STRATEGI KOMUNIKASI INTERNAL HUPMAS PT PERTAMINA (PERSERO) PUSAT DALAM KAMPANYE DISIPLIN DATANG TEPAT WAKTU (Periode 10 Agustus – 20 November 2006 )

FIRMANSYAH, ARIF (2007) STRATEGI KOMUNIKASI INTERNAL HUPMAS PT PERTAMINA (PERSERO) PUSAT DALAM KAMPANYE DISIPLIN DATANG TEPAT WAKTU (Periode 10 Agustus – 20 November 2006 ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
Skripsi_Arif.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kampanye adalah memberikan penerangan terus menerus serta pengertian dan memotivasi masyarakat terhadap suatu kegiatan atau program tertentu melalui proses dan teknik komunikasi yang berkesinambungan dan terencana untuk mencapai publicitas dan citra positif. Dalam mencapai keinginan dan harapan perusahaan terhadap program yang disampaikan Hupmas kepada karyawan. Oleh karena itu Hupmas Pertamina Pusat melakukan program kampanye disiplin jam kerja dalam pembentukan budaya kerja yang baik. Bentuk strategi yang digunakan Hupmas adalah strategi of persuation dan strategi of publicity karena dengan strategi tersebut Hupmas dapat lebih mudah melakukan program tersebut, karena dalam mengubah kebiasaan bekerja karyawan harus dengan pendekatan-pendekatan yang lebih yaitu pada hati para karyawan. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui strategi Hupmas Pertamina Pusat dalam kampanye program disiplin datang tepat waktu periode 10 Agustus hingga 20 November 2006. Strategi yang dijalankan mulai dari pengumpulan data hingga ke evaluasi. Konsep penelitian yang digunakan mengacu pada konsep manajemen PR Cutlip & Center yaitu pengumpulan data, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi agar mempermudah dalam melakukan suatu program. Penelitian ini dilakukan dengan tipe penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yaitu mencari data melalui wawancara dengan key informan serta mencari data sekunder dengan melalui studi kepustakaan dan Kuesioner sebagai penguat data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi internal yang dijalankan oleh Hupmas Pertamina Pusat sudah berjalan dengan baik, itu terlihat dari jumlah karyawan yang datang tepat waktu meningkat bila dibandingkan sebelum adanya program disiplin datang tepat waktu. Hanya saja dari pelaksanaannya yang tidak sesuai dengan rencana karena terhalang oleh Force Majeur

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 071
Call Number: SK/07/020 FIR s
NIM/NIDN Creators: 04202-008
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 24 Oct 2007 14:28
Last Modified: 05 Mar 2025 08:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29716

Actions (login required)

View Item View Item