Pengaruh Penggunaan Alat Penghemat Bahan Bakar Merek X Terhadap Penghematan Bahan Bakar Dan Kinerja Mesin Sepeda Motor Empat Langkah 100 CC.

Nursasongko, Bayu (2008) Pengaruh Penggunaan Alat Penghemat Bahan Bakar Merek X Terhadap Penghematan Bahan Bakar Dan Kinerja Mesin Sepeda Motor Empat Langkah 100 CC. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)

Abstract

ABSTRAK Sebagaimana yang telah diketahui bahwa dengan semakin menipisnya persediaan bahan bakar serta mahalnya harga bahan bakar akhir-akhir ini di Indonesia, maka para peneliti terus berusaha mencari sumber-sumber energi alternatif. Secara bersamaan para peneliti berusaha juga menemukan peralatan yang dapat menghemat pemakaian bahan bakar untuk kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hipotesa dari produsen penghemat bahan bakar merek X bahwa dengan menggunakan alat ini mampu menghemat pemakaian bahan bakar mencapai 54 % dan meningkatkan kinerja mesin sampai 30 %. Pengamatan dilakukan dengan menguji konsumsi bahan bakar dimana motor dipasang peralatan penghemat bahan bakar dan tidak dipasang alat penghemat bahan bakar (Field Test) serta juga pengujian kinerja mesin motor dengan menggunakan alat mesin Dyno test. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat penghemat bahan bakar merek X memberikan penghematan bahan bakar dari 11 % s.d 23,53 % dengan rata – rata penghematan 17,20 % dibandingkan dengan mesin tanpa alat penghemat (standar), tetapi alat penghemat bahan bakar ini tidak memberikan cukup pengaruh terhadap kinerja mesin, perbedaan maksimum 2 % dengan rata – rata 0,5 %.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 08 053
NIM: 4130411-061
Uncontrolled Keywords: Alat penghemat bahan bakar, dyno test, konsumsi bahan bakar, sepeda motor empat langkah.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Jul 2010 10:30
Last Modified: 04 Jun 2017 05:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29236

Actions (login required)

View Item View Item