Trisminingrum, Retno Kristanti (2008) Analisa penerapan total quality management (TQM) dan hubungannya dgn peningkatan profit di PT Serasi Autoraya TRAC Astra Rent A Car. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAK Kristanti, Retno. 2008. Analisa Penerapan Total Quality Management (TQM) Dan Hubungannya dengan Peningkatan Profit di PT. Serasi Autoraya TRAC Astra Rent A Car. Skripsi, Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Mercubuana Jakarta. Pembimbing: Sabaruddin Muslim, SE, Msi. Dalam dunia global seperti saat ini, agar suatu perusahaan mampu bertahan dan terus berkembang, maka perusahaan tersebut harus mampu menciptakan produk atau jasa yang memiliki mutu yang lebih baik dibandingkan pesaing-pesaingnya. Suatu produk yang memiliki mutu lebih dibanding produk yang lainnya akan memberikan kepuasan yang lebih kepada pelanggannya, dan kepuasan para pelanggan ini erat kaitan nya dengan peningkatan profit perusahaan tersebut. Karena pentingnya mutu bagi suatu produk, maka sebuah perusahaan harus selalu berusaha melakukan perbaikan terus-menerus agar mutu produk dan jasa nya dapat terus ditingkatkan. Perbaikan-perbaikan yang dilakukan harus melibatkan keseluruhan organisasi dalam perusahaan tersebut. Kondisi mutu yang seperti ini disebut sebagai Total Quality Management. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana praktek-prakterk penerapan TQM dan hubungan antara penerapan Total Quality Management tersebut dengan peningkatan profit di PT. Serasi Autoraya TRAC Astra Rent A Car, yakni salah satu anak perusahaan PT. Astra International Tbk yang bergerak di bidang jasa leasing dan rental kendaraan. Untuk mengetahui Praktek-praktek penerapan TQM tersebut dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan beberapa karyawan dan kepala divisi yang ada agar didapatkan gambaran yang jelas perihal penerapan TQM tersebut dalam organisasi. Untuk mengetahui hubungan atas penerapan TQM dengan peningkatan profit dilakukan dengan cara menghitung rasio profitabilitas perusahaan selama 4 tahun berturut-turut dari tahun 2004 sampai 2007. Selain itu juga dilakukan analisa terhadap peningkatan dan penurunan angka-angka di neraca dan laporan laba rugi perusahaan selama 4 tahun dari tahun 2004 hingga tahun 2007. Rasio Profitabilitas ini digunakan untuk mengetahui kinerja suatu perusahaan dalam menghasilkan laba perusahaan nya. Untuk mengetahui tingkat kinerja suatu perusahaan dilakukan dengan menghitung besarnya ROE dan ROA. Berdasarkan penghitungan rasio profitabilitas, diketahui bahwa ROE DAN ROA mengalami penurunan di tahun 2005 dan 2006 namun meningkat di tahun 2007. ROE dan ROA di tahun 2004 adalah sebesar 0,24 dan 0,05 dan menurun masingmasing sebesar 0,2 dan 0,03 di tahun 2005 dan 0,05 dan 0,01 di 2006. Namun di tahun 2007 meningkat masing-masing sebesar 0,09 dan 0,2 yang disebabkan karena meningkatnya EBT di tahun 2007. Setelah dilakukan analisa penerapan Total Quality Management TQM terhadap peningkatan profit PT. Serasi Autoraya TRAC Astra Rent A Car selama 4 tahun, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa TQM tidak memiliki dampak yang signifikan dalam peningkatan profit. Penerapan TQM hanya berpengaruh pada peningkatan revenue perusahaan saja. Hal ini disebabkan karena biaya pokok dan suku bunga bank mengalami peningkatan yang besar setelah tahun 2004.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FE/AK. 08 064 |
Call Number: | SE/09/690 |
NIM/NIDN Creators: | 43206110217 |
Uncontrolled Keywords: | TQM, profit |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 02 Jul 2009 11:21 |
Last Modified: | 04 Jun 2017 05:19 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29188 |
Actions (login required)
View Item |