Sari, Winda Kurnia Kemala (2008) Persepsi stakeholders internal depkumham thd media internal newsletter hukumham.info (Periode september 2007 - April 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Winda Kurnia Kemala Sari 4420201-008 Persepsi Stakeholder Internal Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia terhadap Media Internal Newsletter Hukumham.info (Periode September 2007- April 2008). VIII + 190 Halaman + 12 Lampiran Bibliografi : 33 Buku (1981-2007) Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Depkumham) merupakan instansi pemerintah yang memiliki karakteristik unik karena memiliki stakeholder berbagai kalangan, baik stakeholder internal maupun eksternal. Depkumham sangat menyadari kebutuhan akan informasi bagi stakeholder internal, sehingga pentingnya media internal disadari betul oleh Depkumham. Pada Oktober 2007 Depkumham secara resmi mengoperasikan sebuah media center Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) guna memaksimalkan perannya sebagai pembuat dan pengelola media internal yang bertujuan untuk memberikan informasi selengkapnya. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah bagaimana persepsi stakeholder internal Depkumham terhadap media internal newsletter hukumham.info. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi stakeholder internal Depkumham terhadap media internal newsletter hukumham.info. Kerangka teori dari penelitian ini terdiri atas komunikasi (teori Harold D. Laswell) dan media internal (Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto). Kemudian ada teori tentang persepsi (Azwar Saifudin dan Sasa Djuarsa). Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data primer. Teknik pengumpulan data sekunder melalui wawancara mendalam (indepth interview), studi kepustakaan dan penelusuran data. Populasi dan sampel penelitian adalah stakeholder internal Depkumham (pembaca newsletter hukumham.info) yaitu sebanyak 93 orang dari 11 unit, kementrian, media center dengan mekanisme penarikan sampel purposive sampling (Suharsimi Arikunto). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi stakeholder internal terhadap media internal newsletter hukumham.info positif. Ini berdasarkan hasil perhitungan Skala Likert dengan hasil skor empat yang berarti positif. Dengan demikian, PIK telah berhasil membuat dan mengelola media internal newsletter hukumham.info bagi stakeholder internal Depkumham. Namun, sebagai saran public relations melalui media center PIK harus mampu mengelola dan membuat media internal agar di masa akan datang newsletter hukumham.info dapat berjalan lebih optimal dan berperan aktif sebagai media penyalur informasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 08 077 |
Call Number: | SK/09/220 |
NIM/NIDN Creators: | 4420401-008 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, stakeholders internal, depkumham, media internal, newsletter, hukumham.info |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 11 Jun 2017 10:21 |
Last Modified: | 11 Jun 2017 10:21 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29158 |
Actions (login required)
View Item |