Aktivitas kampanye yayasan aids Indonesia dlm upaya pencegahan hiv/aids melalui pelaksanaan program komunikasi informasi dan edukasi (Studi kasus pd kampanye yayasan aids Indonesia dlm upaya pencegahan hiv/aids melalui program KIE)

Misnawati, (2008) Aktivitas kampanye yayasan aids Indonesia dlm upaya pencegahan hiv/aids melalui pelaksanaan program komunikasi informasi dan edukasi (Studi kasus pd kampanye yayasan aids Indonesia dlm upaya pencegahan hiv/aids melalui program KIE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Misnawati (04202-061) “Aktivitas Kampanye Yayasan AIDS Indonesia dalam Upaya Pencegahan HIV/AIDS Melalui Program Komunikasi Informasi dan Edukasi” x + 83 halaman + 4 tabel + 33 lampiran Biografi 23 Acuan (Tahun 1987 s/d Tahun 2004) Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) merupakan salah satu program Yayasan AIDS Indonesia yang bertujuan untuk mengurangi angka penyebaran HIV/AIDS terutama dikalangan pelajar dan mahasiswa yang merupakan usia produktif. Kemudian aktivitas kampanye adalah salah satu tugas humas yang penting untuk menyampaikan informasi tentang bahaya HIV/AIDS dengan menggunakan berbagai media dan menggunakan langkah-langkah yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas kampanye Yayasan AIDS Indonesia dalam upaya pencegahan HIV/AIDS melalui program Komunikasi Informasi dan Edukasi. Segala aktivitas akan terlihat mulai dari perencanaan sampai evaluasi. Pengertian dari aktivitas kampanye itu sendiri adalah usaha terkoordinir untuk mempengaruhi masyarakat, baik yang setuju maupun yang tidak setuju menerima misi yang disampaikan. Sementara tujuan dari kampanye humas itu sendiri adalah untuk mempengaruhi target audience yang setuju atau yang kurang setuju mengikuti keinginan perusahaan. Atau ikut mendukung lancarnya operasi perusahaan/ organisasi. Penulis menggunakan kerangka pemikiran yang menjadi dasar dari fokus penelitian adalah merumuskan masalah, menentukan tujuan, menentukan publik sasaran, metode yang digunakan, perencanaan pelaksanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan efektivitas pelaksanaan. Semua itu merupakan tahapan dati komunikasi Metode yang digunakan adalah studi kasus yang bersifat deskriptif. Penulis memperoleh data dari hasil pengamatan selama penulis melakukan observasi di Yayasan AIDS Indonesia dan hasil wawancara dengan nara sumber yang kompeten. Dalam hal ini penulis juga menggunakan konsep dari Rosady Ruslan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa humas dalam berkampanye tidak sendiri melainkan dengan tim. Dalam berkampanye humas memiliki berbagai aktivitas diantaranya : penyuluhan , dialog dan tanya jawab, iklan, video, Sedangkan untuk evaluasi Humas melakukan monitoring.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 132
Call Number: SK/09/245
NIM: 04202-061
Uncontrolled Keywords: Aktivitas kampanye, yayasan aids Indonesia, program komunikasi informasi, edukasi, Studi kasus
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:03
Last Modified: 05 Jun 2017 07:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29139

Actions (login required)

View Item View Item