Pengaruh asosiasi merek KFC thd sikap konsumen pd merek KFC

Rahmawati, Adetia (2008) Pengaruh asosiasi merek KFC thd sikap konsumen pd merek KFC. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI ADETIA RAHMAWATI ( 04303 – 096 ) PENGARUH ASOSIASI MEREK KFC TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA MEREK KFC xvi + 80 halaman; 27 lampiran; Bibliografi : 20 buku (1973 – 2006) Persaingan antara perusahaan restoran siap saji saat ini semakin pesat. Mereka berlomba untuk merebut perhatian dari target market mereka. Asosiasi merek merupakan salah satu pilihan pemasaran dalam membedakan merek yang satu dengan yang lainnya. Dimana fungsinya untuk mengirimkan informasi yang berguna kepada konsumen tentang diri mereka sendiri, orang lain atau aspek lingkungan fisik seperti produk, jasa dan toko. Untuk mempengaruhi pembelian suatu produk dan merek tertentu dan bahkan dalam pemilihan restoran siap saji dimana mereka akan melakukan pembelian. PT. Fastfood Indonesia, Tbk saat ini sedang gencar memasarkan produk KFC. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh asosiasi merek KFC terhadap sikap konsumen pada merek KFC. Sebagai landasan teori, penelitian ini menggunakan teori asosiasi merek (brand association) dan sikap pada merek. Teori ini menjelaskan bahwa asosiasi merek dapat menciptakan nilai bagi perusahaan dan para pelanggan, sehingga meciptakan sikap seseorang yang mengacu pada tiga komponen sikap yaitu kognitif, afektif dan konatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanatif dengan teknik pengumpulan data berupa survey yang dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada siswa/i SMA Negeri 87 Jakarta yang mengetahui merek KFC dan sebagai konsumen dari KFC, dengan jumlah responden sebanyak 87 orang. Dengan teknik samplingnya menggunakan sampling purposif. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah asosiasi merek KFC mampu mempengaruhi sikap konsumen pada merek KFC. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa hubungan variabel asosiasi merek KFC (X) dengan sikap konsumen pada merek KFC (Y) berada pada tingkat hubungan yang rendah. Dan dari hasil perhitungan SPSS didapatkan kontribusinya 0,190, artinya asosiasi merek KFC mempunyai kontribusi /pengaruh sebesar 19,0 % terhadap sikap konsumen pada merek KFC. Asosiasi merek KFC memiliki pengaruh yang rendah terhadap penciptaan sikap konsumen pada merek KFC, hal ini dikarenakan adanya faktor lain sebesar 81 % pengaruh yang lebih kuat dalam membentuk sikap pada merek KFC, misalnya KFC menggunakan iklan diberbagai media massa, KFC adalah restoran siap saji yang memiliki peringkat tertinggi dari PT fastdood Indonesia, tbk, konsumen yang sudah aware terhadap merek KFC, dan lain-lain. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa asosiasi merek kurang mempengaruhi dan bukan satu-satunya cara yang digunakan dalam pembentukan suatu sikap positif pada sebuah merek.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 055
Call Number: SK/09/249
NIM/NIDN Creators: 04303-096
Uncontrolled Keywords: asosiasi merek KFC, sikap konsumen
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jun 2017 05:25
Last Modified: 05 Jun 2017 05:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29136

Actions (login required)

View Item View Item