Pengaruh program kartun crayon shincan thd perilaku kekerasan anak (Survey thd siswa-siswi di SDN 12 Pagi Bendungan Hilir Jak-Pus)

Pratiwi, Nova (2008) Pengaruh program kartun crayon shincan thd perilaku kekerasan anak (Survey thd siswa-siswi di SDN 12 Pagi Bendungan Hilir Jak-Pus). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKI Pengaruh Program Kartun “Crayon Shincan” Terhadap perilaku Kekerasan Anak (Survey Di SDN 12 Pagi Percontohan Bendungan Hillir) Film kartun adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Film kartun ini pada awalnya dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian diputar sehingga muncul efek gambar bergerak, tapi dijaman sekarang animasi atau kartun sudah banyak menggunakan bantuan komputer. Jadi pekerjaan animasi sangat dimudahkan dalam berbagai hal. Mickey Mouse adalah salah satu kartun pertama yang pernah dibuat oleh Walt Disney. Dan akhir ini telah bermunculan film kartun 3dimensi dari pada film animasi 2 dimensi. Berbagai macam Program film kartun juga muncul di Indonesia dan salah satunya adalah “Crayon Shincan”. Dalam Penenlitian ini akan dikaji apakah Program Kartun “Crayon Shincan” memberikan pengaruh terhadapa perilaku kekerasan anak. Penelitian bersifat eksplanatif ini dilakukan selama 3 hari dengan metode survey terhadap 90 responden yang diambil dengan tekhnik totally sampling di SDN 12 PagiPercontohan Bendungan Hillir. Dari Penelitian ini menggunakan kuisioner berjumlah 29 pertanyaan, didapatkan hasil adanya pegaruh program kartun “Crayon Shincan” Terhadap Perilaku Kekerasan Anak. Dari uji korelasi Pearson didapatkan hubungan yang cukup kuat yakni sebesar 0,569. Pola hubungan yang positif atau searah menunjukan bahwa semakin tinggi pengaruh televisi maka semakin tinggi perilaku kekerasan yang dihasilkan. Lewat uji regresi memperlihatkan 32,4% variabel perilaku kekerasan adalah kontribusi dari variabel program televisi. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 67,6% dapat dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Sehingga dapat dijelaskan bahwa dalam penelitian ini Program kartun Crayon Shincan cukup berpengaruh terhadap perilaku kekerasan anak namun hanya sampai kepada proses motivasional.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 082
Call Number: SK/09/254
NIM/NIDN Creators: 4410401-064
Uncontrolled Keywords: Pengaruh program, kartun crayon shincan, perilaku kekerasan anak, Survey siswa-siswi SDN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 10:22
Last Modified: 11 Jun 2017 10:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29131

Actions (login required)

View Item View Item