Umami, Zahrotul (2008) Komunikasi pemasaran sbg kegiatan untuk meretensi pelanggan PT Esabindo Pratama periode tahun 2007 - 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Perkembangan konsep komunikasi pemasaran telah mengalami banyak perubahan seiring dengan perkembangan dan pemikiran masyarakat di berbagai bangsa. Perkembangan industri pemotongan baja dan pengelasan juga semakin maju sehingga menyebabkan persaingan semakin tinggi. Dengan tingginya tingkat persaingan membuat banyak perusahaan di bidang tersebut berupaya mempertahankan dan menjalin hubungan dengan pelanggan melalui konsep komunikasi pemasaran terpadu untuk meretensi pelanggan. Konsep yang di gunakan untuk membahas komunikasi pemasaran sebagai kegiatan untuk meretensi pelanggan PT. Esabindo Pratama, mengacu pada teori Francis Buttle. Teori Customer Retention Marketing Francis Buttle terdiri dari konsep nilai untuk pelanggan, menciptakan nilai untuk pelanggan dan komunikasi dengan pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, studi kepustakaan, serta studi dokumen yang terkait dengan aplikasi komunikasi pemasaran dan customer retention marketing di PT. Esabindo Pratama untuk meretensi pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Esabindo Pratama adalah kegiatan IMC dan CRM dilakukan secara intergrasi yang dimulai dengan menganalisa profil pelanggan,sumber nilai pelanggan, siklus pelanggan, jaringan pelanggan, mengukur nilai pelanggan melalui konsep dan tahapan nilai untuk pelanggan. Menciptakan nilai untuk pelanggan dilakukan oleh PT. Esabindo Pratama melalui Merek, Produk, kwalitas produk, pelayanan purna jual, sumber daya manusia, harga, komunikasi pelanggan.dan juga pengalaman pelanggan. Dari penelitian tersebut penulis menarik kesimpulan bahwa Customer Retention Marketing juga merupakan aplikasi dari konsep komunikasi pemasaran yang mengarah pada keterikatan dan loyalitas pelanggan, peningkatan pangsa pasar dan pertumbuhan. Aplikasi dari konsep ini menuntut adanya kepekaan terhadap perubahan dan perkembangan pelanggan, tuntutan pasar, dan beberapa faktor yang mampu mendorong kepuasan dan loyalitas pelanggan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/IKL. 08 097 |
Call Number: | SK/09/259 |
NIM/NIDN Creators: | 4430411-021 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi pemasaran, meretensi pelanggan, PT Esabindo Pratama |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 11 Jun 2017 10:22 |
Last Modified: | 11 Jun 2017 10:22 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29127 |
Actions (login required)
View Item |