Hubungan terpaan tayangan program pertandingan chelsea fc di TV one thd perilaku komunitas chelsea indonesia supporter club (CISC)

Ruslan, (2008) Hubungan terpaan tayangan program pertandingan chelsea fc di TV one thd perilaku komunitas chelsea indonesia supporter club (CISC). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Nama : Ruslan Judul : Hubungan Terpaan Tayangan Program Pertandingan Chelsea Fc di TvOne Terhadap Perilaku Komunitas Chelsea Indonesia Supporter Club Biografi : 23 Buku (Tahun 1985 – 2006) Media televisi telah menjadi alat komunikasi massa yang ampuh saat ini., Saat kita ingin memperoleh hiburan maka televisi selalu dapat menyajikan tayangan-tayangan hiburan yang menarik. Program acara di televisi telah dikemas sedemikian rupa agar membuat audience tertarik untuk menyaksikannya. Program olahraga khususnya sepak bola telah menjadi konsumsi masyarakat pada saat ini. Salah satu contoh tayangan yaitu pertandingan Chelsea dimana setelah dibeli oleh milyarder asal Rusia, Chelsea Fc tumbuh menjadi tim papan atas Liga Inggris sampai akhirnya di Indonesia sendiri terbentuk komunitas Chelsea Indonesia Supporter Club (CISC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan terpaan tayangan program pertandingan Chelsea Fc terhadap Perilaku Komunitas CISC . Tayangan program di televisi menimbulkan aksi dan reaksi yanga beragam dari audience. Aksi dan Reaksi tersebut dipelajari lebih dalam dengan teori Dependensi dan Stimulus Respon dimana dalam teori ini menjelaskan televisi sebagai media audio visual menstimuli khalayaknya melalui indera pendengaran dan penglihatan hingga nantinya akan timbul feedback dari terpaan media tersebut.. Dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatif dimana menjelaskan sampai sejauh mana hubungan terpaan tayangan dengan perilaku. Metode yang digunakan yaitu metode survei yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primernya survei dan dan sekundernya melalui kepustakaan. Populasi yang diteliti yaitu komunitas CISC yang total anggotanya berjumlah 803 orang. Dengan menggunakan rumus Suharsimi Arikunto, diambil 83 responden sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hubungan terpaan tayangan pertandingan Chelsea Fc terhadap perilaku komunitas CISC yang didasarkan pada dimensi terpaan tayangan (Read, Hear, Watch) dan Perilaku menunjukan hasil 0,359 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Angka tersebut apabila dikaitkan dengan intepretasi nilai hubungan maka menunjukkan nilai hubungan yang cukup dan positif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 067
Call Number: SK/09/268
NIM/NIDN Creators: 04103-064
Uncontrolled Keywords: terpaan tayangan, program pertandingan chelsea fc, TV one, perilaku komunitas chelsea indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:46
Last Modified: 05 Jun 2017 06:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29119

Actions (login required)

View Item View Item