Mariani, Farida (2008) Strategi media relations PT Elnusa dlm mendukung kegiatan initial public offering (IPO). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI PT Elnusa dalam rangka mengembangkan usahanya di jasa hulu migas melakukan kegiatan Initial Public Offering (IPO) atau Penjualan Saham Perdana kepada publik. Kegiatan ini memerlukan pulikasi kepada publik eksternal yang bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam tentang PT Elnusa sehingga publik yang menjadi target market (Investor) PT Elnusa tertarik untuk membeli saham PT Elnusa di Pasar Bursa. Upaya yang dilakukan untuk mempublikasikan kegiatan IPO tersebut dengan membuat program komunikasi Pra IPO, hari H IPO, dan Pasca IPO. Progaram-program tersebut dikomunikasikan melalui media massa sebagai alat untuk menyampaikan pesan kepada khalayak sasaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi media relations PT Elnusa dalam mendukung kegiatan Initial Public Offering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi media relations meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan taktik kegitan yang diterapkan PT Elnusa dalam membangun hubungan dengan media massa dalam mendukung kegiatan Initial Public Offering. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan konsep dari Allen dan Cutlip dalam buku Rosady Ruslan yang memfokuskan kegiatan media relations yang bertujuan membangun hubungan baik dengan media massa dalam mengkomunikasikan kegiatan IPO. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan metode penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam terhadap key informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi media relations yang digunakan untuk mendukung kegiatan IPO PT Elnusa adalah membangun dan membina hubungan dengan media baik personal ataupun kelembagaan. Adapun langkah yang diambil untuk menjalankan strategi tersebut, Corporate Communication PT Elnusa dibantu oleh KitaCom sebagai konsultan komunikasi menggunakan empat tahapan program kerja PR yaitu penelitian dan mendengarkan, tahapan ini Corporate Communication melakukan review dari berbagai sumber untuk mengumpulkan data-data agar dapat dilakukan pengevaluasian fakta-fakta dan informasi untuk dapat menentukan langkah selanjutnya. Dalam perencanaan dan mengambil keputusan ini merupakan penentuan arah tujuan yang hendak dicapai dengan berpegang pada rencana jangka panjang perusahaan (strategic management), kemudian mengkomunikasikan dan pelaksanaan pada tahapan ini kegiatan media relations dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada publik eksternal dan jurnalis. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan membuat program komunikasi PRA IPO, hari H IPO, dan Pasca IPO. Mengevaluasi merupakan tahap akhir untuk mengukur keberhasilan dari kegiatan media relations yang sudah dilaksanakan melalui media monitoring yang dilakukan oleh corporate communication dan kitacom. Strategi media relations yang dilaksanakan hasilnya memuaskan karena target sasaran dari kegiatan IPO ini dapat memahami lebih dalam tentang kegiatan IPO PT Elnusa. Hal ini bisa dilihat dari kliping media cetak yang memberitakan tentan kegiatan Initial Public Offering Elnusa dan berita-berita seputar ekspansi bisnis PT Elnusa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 08 074 |
Call Number: | SK/09/270 |
NIM/NIDN Creators: | 44205120076 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi media relations, PT Elnusa, kegiatan initial public offering (IPO) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 11 Jun 2017 10:22 |
Last Modified: | 11 Jun 2017 10:22 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29117 |
Actions (login required)
View Item |