Rozi, M Fahrul (2008) Perancangan dan pembuatan antena pifa. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (SKRIPSI FULL)
Tugas Akhir.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
Abstract
ABSTRAK Sistem telepon seluler modern beroperasi dibeberapa jalur frekuensi, diantaranya yang paling sering digunakan adalah 900 MHz, 1,8 GHz, dan 1,9 GHz. Dengan sistem seperti ini, maka tidak mungkin melengkapi telepon seluler dengan beberapa antena dimana setiap antenanya disesuaikan dengan frekuensi yang di tentukan atau diinginkan. Hal ini tentu menimbulkan permintaan untuk sebuah antena yang bisa bekerja atau beroperasi di beberapa jalur frekuensi ( multiband ) tanpa menggunakan lebih dari satu buah antena. Planar Inverted-F Antenna ( PIFA ) telah diuji dan sangat baik untuk beroperasi di beberapa jalur frekuensi. Salah satu permasalahan yang akan dihadapi karena keterbatasan ruang telepon seluler ialah penyesuaian antena, bagaimana antena bisa digunakan dalam ruang yang terbatas dan antena bisa beroperasi pada beberapa jalur frekuensi. Tujuan tugas akhir ini untuk merancang sebuah antena agar bisa diaplikasikan atau digunakan pada telepon seluler tersebut. Langkah pertama memilih antena yang beroperasi pada tiga jalur frekuensi yang berusaha beroperasi pada 900 MHz, 1,8 GHz, dan 1,9 GHz. Antena yang dipilih dalam tugas akhir ini antena PIFA berbentuk menyerupai huruf E. Antena ini akan diusahakan bekerja pada frekuensi yang telah ditentukan dan memiliki bentuk yang padat sehingga bisa diaplikasikan kedalam telepon seluler. Perancangan ini menggunakan bantuan perangkat lunak simulasi medan elektromagnetik ( WIPL-D ).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTI/ELK. 08 055 |
Call Number: | STI/09/232 |
NIM/NIDN Creators: | 4140401-005 |
Uncontrolled Keywords: | antena pifa |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 11 Jun 2017 10:36 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 03:54 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28998 |
Actions (login required)
View Item |