Strategi redaksi dlm penentuan berita program kabar petang di tvone (Periode 16 Juni - 16 Juli 2008)

Lukman, (2008) Strategi redaksi dlm penentuan berita program kabar petang di tvone (Periode 16 Juni - 16 Juli 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Televisi merupakan alat media massa untuk memberikan informasi penting dan menarik berupa berita dari dalam negeri atau pun luar negeri kepada masyarakat banyak. Dari banyaknya stasiun TV di Indonesia, hanya ada satu stasiun TV berita yang memang beda, yaitu TVONE yang menanyangkan berbagai program berita dan salah satunya adalah Kabar Petang yang ditayangkan setiap hari pukul 18.00-19.00 WIB. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi redaksi dalam menentukan berita pada program berita Kabar Petang di stasiun TVONE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi redaksi dalam menentukan berita Kabar Petang dalam hal perencanaan dan pelaksanaan program berita tersebut. Selama satu bulan dari 16 Juni 2008 sampai dengan 16 Juli 2008. Karena pada saat itu banyak terjadi peristiwa penting seperti teroris Palembang, Sidang Korupsi dan adanya Proses Pilkada. Strategi redaksi adalah menyusun perencanaan jangka panjang pendek yang berorientasi pada perencanaan jangka menengah dan panjang dilandasi situasi dan kondisi saat itu dan masa mendatang. Berita adalah laporan yang cepat dan tepat waktu mengenai fakta atau opini yang memiliki daya tarik atau hal penting atau kedua-duanya bagi masyarakat luas. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif karena mencoba menggambarkan dan tidak menguji hipotesis. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu Indept Interview, observasi serta dokumen. Dalam hal ini narasumber yang berkaitan dengan Strategi Redaksi TVONE dalam menentukan berita Kabar Petang. Hasil penelitian yang menunjukkan rundown acara Kabar Petang merupakan salah satu Strategi Redaksi TVONE yang memiliki sifat yang dinamis atau “hidup”. Artinya rundown Kabar Petang dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Rating yang didapatkan Kabar Petang pada periode 16 Juni 2008- 16 Juli 2008, paruh pertama 0,9 dan share 3,2. Sedangkan paruh kedua hanya 0,7 dan share 2,8 penonton. Kabar Petang sebagai salah satu program berita di TVONE memiliki strategi khusus untuk meningkatkan kualitas mutu tayangnya setiap hari. Strategi dari redaksi adalah mengadakan rapat redaksi minimal tiga kali sehari untuk berdiskusi, meneliti, mengkaji materi-materi atau ditayangkan di Kabar Petang secara cepat, akurat dan berbeda serta mengevaluasinya guna menghasilkan hasil yang terbaik

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 033
Call Number: SK/09/280
NIM/NIDN Creators: 4410411-024
Uncontrolled Keywords: Strategi redaksi, berita program, kabar petang, tvone
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 10:39
Last Modified: 11 Jun 2017 10:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28982

Actions (login required)

View Item View Item