Pemaknaan visualisasi pd poster ad coca cola coke side of life (Studi semiotika pada poster ad coca cola coke side of life versi love nature and sport)

Jainudin, Zain-zain (2008) Pemaknaan visualisasi pd poster ad coca cola coke side of life (Studi semiotika pada poster ad coca cola coke side of life versi love nature and sport). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Konsistensi dalam visualisasi iklan tentu saja tidak terlepas dari kepentingan perusahaan itu sendiri. Berbagai macam konsep/tema iklan digunakan dalam suatu visualisasi iklan tentu saja memiliki maksud tertentu. Mulai dari konsep/tema humor hingga konsep yang sarat dengan nilai edukasi atau sosial. Ketiga tampilan poster Coca-Cola ini merupakan salah satu iklan yang jeli dalam melihat situasi dan kondisi permasalahan tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengiklan menggunakan tanda-tanda berikut makna yang berhubungan dengan nilai-nilai sosial budaya ke dalam iklan, dan ideologi apa yang tersembunyi di dalam visualisasi iklan tersebut yang ditawarkan oleh pengiklan itu sendiri? Penelitian ini menggunakan konsep tentang sosial budaya yang ada di Indonesia yakni perbedaan status sosial dan keaneka ragaman budaya yang terangkum di dalam ketiga poster Coca-Cola tersebut. kemudian untuk memaknai memaknai tanda-tanda tersebut, maka digunakanlah pendekatan studi semiotika untuk melihat bagaimana tanda-tanda tersebut berperan dalam proses komunikasi dan berinteraksi untuk kemudian menciptakan suatu makna/pesan. Pendekatan yang digunakan adalah kulaitatif dengan metode semiotika dari Charles Sanders Pierce dengan menggunakan kesembilan elemen pembangkit tandanya, yaitu qualisign, sinsign, legisign, ikon, indeks, simbol, rheme, dicent, dan argumen. Sebagai unit analisis yaitu poster Coca-Cola ”Coke Side of Life” versi ”Love, Nature dan Sport”. Kemudian data dianalisis dengan metode segitiga makna yaitu Sign, object dan Interpretant. Dari hasil penelitian menunjukan rangkaian penggunaan bentuk tanda yang keseluruhannya berhubungan dengan nilai-nilai sosial budaya yang ada di Indonesia, membawa ideologi Pluralisme ke dalamnya. Hal ini terlihat dari nilainilai sosial dan keaneka ragaman budaya yang terdapat di dalam ketiga poster Coca-Cola tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 029
Call Number: SK/09/287
NIM/NIDN Creators: 04303-006
Uncontrolled Keywords: Pemaknaan visualisasi, poster ad coca cola coke side of life, Studi semiotika
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:20
Last Modified: 05 Jun 2017 07:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28978

Actions (login required)

View Item View Item