Kontruksi pemberitahuan pemilihan kepala daerah Dki Jakarta 2007 (Analisis framing pada harian media indonesia dan republika periode juli-agustus 2007)

Nurlanopso, Fitri (2008) Kontruksi pemberitahuan pemilihan kepala daerah Dki Jakarta 2007 (Analisis framing pada harian media indonesia dan republika periode juli-agustus 2007). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Fitri Nurlanopsa Konstruksi Pemberitaan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2007 (Analisis Framing Pada Harian Media Indonesia dan Republika Periode Juli – Agustus 2007) ix + 135 halaman + Bibliografi 22 (1983-2004) Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan dimana sebuah peristiwa sama dapat dimaknai secara berbeda oleh media massa. Berita politik merupakan bukti nyata dari keragaman warna yang disajikan media massa. Independensi dan objektifitas sebagai senjata pusaka media massa menjadi taruhan, ada yang melepasnya namun ada pula yang mencoba mempertahankannya. Berita seputar Pilkada DKI Jakarta 2007 dalam harian Media Indonesia dan Republika merupakan objek penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah Mengetahui konstruksi pemberitaan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2007 pada harian Media Indonesia dan Republika Periode Juli-Agustus 2007. Kerangka pemikiran yang digunakan pada penelitian ini adalah pandangan konstruksionis, yakni sebagai pijakan awal dalam melakukan analisis berita politik pada media massa. Pandangan konstruksionis ini ditopang dengan teori sosiologi media, kajian kritis dan ideologi hegemoni yang menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi sajian dari media massa. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode penelitian analisis framing. Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki yang memfokuskan bagaimana proses pembuatan suatu pesan lebih menonjol, menempatkan informasi lebih daripada yang lain sehingga khalayak lebih tertuju pada pesan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rangkaian peristiwa terkait Pilkada DKI Jakarta 2007 dikonstruksi oleh Media Indonesia sebagai bagian yang penting dalam proses pencarian pemimpin baru bagi DKI Jakarta. Dalam bingkai Media Indonesia, pasangan yang diusung oleh Koalisi Jakarta, Fauzi Bowo-Prijanto merupakan pasangan yang tepat untuk memimpin DKI Jakarta selanjutnya. Sementara Republika mempunyai konstruksi yang berbeda terkait Pilkada DKI Jakarta 2007, dalam bingkai Republika kedua pasang kandidat dikonstruksikan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, pembaca dibebaskan berpikir guna menjatuhkan pilihan yang sesuai dengan pemikiran masing-masing.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 087
Call Number: SK/09/321
NIM: 04101-017
Uncontrolled Keywords: Kontruksi berita, pemilihan kepala daerah, Dki Jakarta 2007, Analisis framing, harian media indonesi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:46
Last Modified: 05 Jun 2017 06:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28957

Actions (login required)

View Item View Item