Lestari, Sri Indah (2008) Efektivitas komunikasi internal public relations hotel mulia jakarta periode 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Sri Indah Lestari ( 4420401-009 ) Efektifitas Komunikasi Internal Public Relations Hotel Mulia Jakarta Viii +64 halaman+7 lampiran+ 13tabel, Bibliografi : 20 acuan (1981-2007) Komunikasi internal adalah komunikasi yang terjadi di dalam organisasi atau perusahaan.Komunikasi internal melalui kegiatan internal dikatakan efektif apabila komunikasi itu dapat menghasilkan perubahan di pihak penerima sesuai dengan harapan atau tujuan komunikator. Perubahan yang dimaksud adalah sikap karyawan dalam bekerja Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas komunikasi internal public relations Hotel Mulia Jakarta periode 2007. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi, efektifitas komunikasi, komunikasi organisasi, public relations, public internal, dan employee relations. Konsep penelitian ini adalah efektifitas komunikasi menurut Joseph. A. Devito, menyatakan komunikasi yang efektif dipengaruhi enam hal yakni keterbukaan dalam memberikan informasi, empati terhadap sesuatu yang dialami orang lain, sikap mendukung dalam pelaksanaan kegiatan internal perusahaan, sikap positif dalam berinteraksi dan ketertarikan dalam pelaksanaan kegiatan internal perusahaan yang diselenggarakan PR, dorongan karyawan terhadap kegiatan internal perusahaan, dan kesetaraan karyawan sehingga karyawan merasa diakui, dihargai, dan tidak dibedabedakan dengan karyawan yang lainnya. Tipe atau sifat dari penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei yakni dengan menyebarkan kuesioner kepada karyawan Hotel Mulia Jakarta. Dimana memiliki populasi yang berjumlah1200 karyawan dengan sample 93 karyawan. Hasil penelitian yang diperoleh mengenai efektifitas komunikasi internal Public Relations Hotel Mulia Jakarta adalah efektif karena skor dari dimensi keterbukaan, dimensi empati, dimensi sikap mendukung, dimensi sikap positif, dimensi dorongan, dan dimensi empati adalah bersikap positif dalam perhitungan likert summating rating adalah bersikap positif terhadap komunikasi yang dilaksanakan PR . Hal ini berarti komunikasi internal PR Hotel Mulia Jakarta dinilai efektif. Untuk itu PR Hotel Mulia Jakarta harus terus meningkatkan kemampuan komunikasi internal demi tercapainya kebutuhan karyawan dan kesetiaan karyawan dalam bekerja demi kemajuan bersama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 08 096 |
Call Number: | SK/08/144 |
NIM/NIDN Creators: | 4420401-009 |
Uncontrolled Keywords: | komunikasi internal, public relations, hotel mulia jakarta |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 09 Jan 2009 13:44 |
Last Modified: | 04 Jun 2017 05:09 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28900 |
Actions (login required)
View Item |