Strategi kreatif iklan billboard kartu kredit bank BNI versi transfer balance 0%

Wahyudi, Deni (2008) Strategi kreatif iklan billboard kartu kredit bank BNI versi transfer balance 0%. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Deni Wahyudi 04303 - 047 Strategi Kreatif Iklan Billboard Bank BRI versi “Transfer Balance 0%” ix + 73 halaman ; 16 lampiran Bibliografi : 18 Acuan (1986-2007) Dalam menciptakan sebuah iklan yang baik, para kreator iklan harus mampu menentukan strategi kreatif apa yang dianggap tepat dan paling menguntungkan untuk produk yang akan diiklankan tersebut, agar iklan yang dibuat nantinya dapat efektif dan mampu memenuhi tujuan iklan. Seperti iklan pada umumnya, proses penciptaan iklan billboard Kartu Kredit Bank BRI yang dipasang dibeberapa tempat di Jakarta ini juga melibatkan kreativitas dalam penciptaan pesan iklan serta unsur-unsur visualnya. Salah satu layanan perbankan yang dipromosikan Bank BRI adalah “BRI Transfer Balance 0%”, layanan transaksi dengan bunga 0% yang diperuntukkan bagi pengguna kartu kredit BRI ini memanfaatkan media iklan billboard sebagai media utama yang didukung oleh media-media iklan lainnya. Dalam proses pembuatan iklan tersebut BRI bekerjasama dengan Quadran Sinergi Komunikasi Adhipariwara selaku biro iklannya. Dalam iklan tersebut QSinergi menerapkan suatu strategi kreatif untuk menyampaikan pesan iklan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dari latar belakang tersebut, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses perumusan strategi kreatif yang dilakukan dalam proses pembuatan iklan billboard “Transfer Balance 0%” Bank BRI ini. Salah satu konsep pemikiran yang mejadi acuan dalam penelitian ini diambil dari teori strategi kreatif periklanan Charles F. Frazer yang merumuskan tujuh alternatif strategi kreatif yang sesuai untuk kondisi pasar tertentu. Dasar perumusan strategi kreatifnya sendiri menggunakan teori Sandra Moriarty yang berdasarkan pada target audience, objective dan positioning yang digabungkan dengan teori analisis SWOT. Sifat penelitian yang digunakan penulis bersifat deskriptif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam beberapa nara sumber yang terlibat langsung proses pembuatan iklan ini, dalam hal ini adalah Art Director, Copywriter dan Account Executive dari QSinergi selaku biro iklan. Hasil penelitian menunjukan bahwa QSinergi mengangkat strategi USP (Unique Selling Proposition) dengan pendekatan emosional, visual dan copy iklan tersebut dipersuasikan sedemikian rupa untuk mempengaruhi emosional khalayak dengan menyatakan keunggulan produk yang unik, yang memberikan suatu manfaat (benefit) dan solusi yang nyata bagi konsumen yang didapatkan apabila menggunakan kartu kredit BRI.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 059
Call Number: SK/08/141
NIM/NIDN Creators: 04303-047
Uncontrolled Keywords: kreatif iklan, billboard kartu kredit, bank BNI versi transfer balance 0%
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Jan 2009 10:57
Last Modified: 05 Jun 2017 07:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28892

Actions (login required)

View Item View Item